alexametrics

Efektivitas Pembelajaran Materi Asmaul Husna secara Daring

Oleh : Puji Rahayu S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEBIJAKAN pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhitung sejak 16 Maret 2020 hingga sekarang. Artinya kegiatan pembelajaran pada sekolah yang biasanya dilakukan secara konversional, kini harus dialihkan menjadi pembelajaran berbasis daring. Semua itu bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hikayat (1986) menjelaskan efektivtas adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa jauh target (kuantintas, kualitas, dan waktu) telah tercapai. Dimana makin besar persentase target yang dicapai, makin tinggi efektivitasnya.

Pembelajaran daring pada dasarnya merupakan model kegiatan belajar maupun mengajar yang dilakukan menggunakan jaringan (internet) jarak jauh, dengan bantuan alat perantara seperti (gadget, laptop, dan smartphone). Untuk bisa terhubung ke dalam forum belajar mengajar via daring, dibutuhkan bantuan akses internet sebagai penghubung antara perangkat yang digunakan oleh pelajar dan pengajar untuk mengeksplorasi.

Baca juga:  Home Visit Alternatif Pembelajaran PAI di Masa Pandemi

Kegiatan pembelajaran daring ini dapat dilakukan dengan suatu media yang mendukung dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan media teknologi seperti whatsapp, zoom, google meet, google classroom dan lainnya.

Guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode e-learning yaitu pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komonikasi. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah. Inovasi pembelajaran solusi untuk memaksimalkan media yang ada seperti media daring (online). Jadi, walaupun di rumah tetap bisa melakukan proses pembelajaran menggunakan media canggih.

Maka guru harus siap menggunakan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman. Guru harus mampu membuat model dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa di sekolahnya. Penggunaan beberapa aplikasi pada pembelajaran daring sangat membantu guru dalam proses pembelajaran. Guru harus terbiasa mengajar dengan memanfaatkan media daring kompleks yang harus dikemas dengan efektif, mudah diakses, dan mudah dipahami oleh siswa. Hal yang paling sederhana dapat dilakukan oleh guru bisa dengan memanfaatkan whatsapp group, aplikasi whatsapp sangat cocok digunakan bagi pemula. Karena pengeporasiannya sangat simpel dan mudah diakses siswa.

Baca juga:  Asyiknya Belajar PAI dengan Media ICT

Penggunaan sistem pembelajaran daring atau e-learning mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari pembelajaran daring, 1) dapat diakses dengan mudah, 2) biaya lebih terjangkau, 3) waktu belajar fleksibel, dan 4) wawasan luas. Kelemahan pembelajaran adalah 1) keterbatasan akses internet, 2) berkurangnya interaksi dengan pengajar, 3) pemahaman terhadap materi berkurang, 4) minimnya pengawasan dalam belajar.

Pembelajaran daring tetap menjadi solusi efektif dalam materi Asmaul husna kelas 2 SD Negeri proyonanggan 14 Batang. Keberasilan pembelajaran ini sangat bergantung pada kemampuan guru dalam berinovasi merangsang, meramu materi dan metode pembelajaran, serta aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode. Kreativitas merupakan kunci sukses guru untuk dapat memotivasi siswanya tetap semangat dalam belajar secara daring (online) dan tidak menjadi beban psikis. Pihak sekolah perlu membuat skema dengan menyusun pembelajaran daring. Hal ini dilakukan dengan membuat jadwal yang sistematis, terstruktur dan simpel untuk memudahkan komunikasi orang tua dengan sekolah agar putra-putrinnya yang belajar di rumah dapat terpantau efektif. (pai1/ida)

Baca juga:  Tawakal sebagai Perwujudan Asmaul Husna Al Wakil

Guru SD Negeri Proyonanggan 14 Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya