alexametrics

Penggunaan Desmos pada Pembelajaran Fungsi Linear

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika merupakan disiplin ilmu yang memiliki objek kajian yang abstrak. Tujuan pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini dengan persaingan global sangat kuat maka peserta didik perlu dibekali kemapuan literasi dan numerasi. Peserta dapat dengan kritis membaca suatu grafik dan menggunakan data yang disajikan grafik tersebut untuk menyelesaikan suatu masalah. Salah satu materi pada matematika kelas 8 SMP yaitu fungsi linier dengan kompetensi pengetahuan menganalisis fungsi linier (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual.

Sedangkan kompetensi keterampilannya yaitu menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi linear sebagai persamaan garis lurus. Untuk mencapai kompetensi tersebut dengan pembelajaran yang dilakukan dengan jarak jauh maka diperlukan suatu media yang dapat digunakan untuk mendukung ketercapaian kompetensi pembelajaran.

Desmos merupakan aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk pembelajaran matematika. Aplikasi ini dapat dibuka dengan alamat www.desmos.com. Untuk menggunakan aplikasi ini maka harus login dengan menggunakan akun google. Desmos memiliki fasilitas yang sangat lengkap baik untuk membuat grafik, membuat bangun geometri dan sebagainya.

Baca juga:  Pentingnya Media Konkret dalam Matematika

Guru juga dapat membuat kelas pada desmos dan memberikan tugas dengan referensi materi yang tekah ada ataupun dengan membuat sendiri. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang penggunaaan desmos untuk pembelajaran fungsi linear kelas 8 SMP.

Fungsi linear yang dirumuskan dengan bentuk umum y = mx+c merupakan fungsi yang berupa garis lurus sehingga disebut juga fungsi linear dengan variabel x berpangkat 1. Dengan desmos peserta didik dapat mempelajari bentuk grafik dari fungsi linear dengan mudah. Peserta didik juga dapat mengamati perubahan kemiringan garis jika nilai gradiennya (m) berubah dan peserta didik dapat membuat kesimpulan hubungan dari perubahan nilai gradien (m) terhadap kemiringan dari garis.

Selain itu, peserta didik juga dapat menemukan hubungan beberapa antargaris dengan menganalisis grafik-grafik yang terbentuk dan membuktikannya menggambarkan garis lain misalnya bagaimana perubahan grafik jika nilai c diubah, bagaimana grafik jika nilai m nya sama, dan sebagainya. Melalui aktifitas-aktifitas tersebut peserta didik dapat menemukan konsep.
Hal ini sesuai dengan pendapat Ekawati (2011) dalam www.p4tkmatematika .org bahwa dengan pengamatan terhadap contoh-contoh diharapkan siswa mampu menangkap pengertian suatu konsep. Melalui aktifitas tersebut peserta didik dilatih untuk membuat perkiraan, terkaan, atau kecenderungan berdasarkan kepada pengalaman atau pengetahuan yang dikembangkan melalui contoh-contoh khusus (generalisasi).

Baca juga:  Pelajari Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Aktivitas

Dengan bantuan lembar kerja siswa (LKS) akan dapat membuat pembelajaran yang dilakukan lebih terarah. Desmos juga dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Permasalahan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi linear di antaranya dalam proses jual beli yaitu fungsi penawaran dan permintaan. Peserta didik dapat diberikan permasalahan berkaitan dengan penawaran dan permintaan. Dengan desmos peserta didik diminta menggambarkan grafik fungsi penawaran dan fungsi permintaan sehingga dapat menentukan penyelesaian yang berkaitan dengan fungsi tersebut.

Dengan desmos proses pembelajaran yang dilakukan jarak jauh tidak menjadi kendala. Guru dapat membuka kelas virtual menggunakan media conference dengan zoom, google meet, atau lainnya dan menggunakan desmos sebagai media untuk proses penjelasan konsep materi yang disampaikan dan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang diberikan guru. Peserta didik juga dapat menyampaikan ide dan gagasannya secara langsung pada kelas virtualnya.

Baca juga:  Dengan Means Ends Analysis, Hasil Belajar Matematika Jadi Fantastis

Desmos dapat dimanfaatkan untuk mambantu pemahaman konsep pembelajaran matematika juga penyelesaian permasalahan yang diberikan. Selain itu, desmos sangat mudah digunakan karena aplikasi ini tidak perlu untuk diinstal dan dapat digunakan langsung dengan membuka browser dan mengetikan alamat desmos yaitu www.desmos.com. (bp1/lis)

Guru Matematika SMP Negeri 26 Depok, Jawa Barat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya