alexametrics

Pemanfaatan Potensi Lokal sebagai Media Pembelajaran PJOK di Era Pandemi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam masa pandemi seperti saat ini dimana wabah Covid-19 masih merajalela kesehatan merupaka faktor yang sangat penting yang harus dijaga. Pada hakikatnya dalam upaya menciptakan masyarakat yang sehat Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar mempunyai peranan yang sangat penting.

Pembelajaran PJOK adalah pembelajaran yang proses pembelajarannya dilaksanakan dengan praktik dan membutuhkan media pembelajaran oleh karena saat kondisi pembelajaran dilaksanakan secara daring pembelajaran PJOK khususnya di Sekolah Dasar mengalami kendala.

Untuk mengatasi hal tersebut sebagai guru PJOK harus kreatif demikian halnya dengan pembelajaran yang dilakukan di SDN 02 Blacanan Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan.
Salah satu kendala kurang berkembangnya proses pembelajaran PJOK khususnya di Sekolah Dasar adalah terbatasnya sarana prasarana pembelajaran yang tersedia apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini dimana pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sebenarnya ada beberapa materi pembelajaran PJOK yang dapat kita ambil dengan memanfaatkan budaya lokal misalnya permainan-permainan masyarakat tradisional yang dapat kita ajarkan. Apalagi pada pembelajaran daring dimana peserta didik tidak semua memiliki sarana maupun prasarana olahraga. Permainan sederhana atau permainan tradisional yang ada di masyarakat sebagian besar dapat dimasukan dalam pembelajaran PJOK baik dalam pemanasan maupun dalam materi inti sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.

Baca juga:  Kuasai Permainan Bola Besar dengan Metode Part Practice

Keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran dapat diatasi dengan memanfaatkan kondisi lingkungan yang ada misalnya dengan memanfaatkan permainan tradisional yang ada di lingkungan tempat tinggal peserta didik. Permainan sederhana atau permainan tradisional dalam pembelajaran PJOK antara lain dengan permainan gobak sodor. Akan tetapi di era pandemi seperti saat ini dimana social distancing menjadi hal yang wajib maka permainan dngan berkelompok harus kita hindari untuk itu permainan yang menimbulkan gerakan gerakan dalam PJOK kita alihkan dengan media alam.

Misalnya guru menginstruksikan kepada peserta didik untuk menirukan gerakan gerakan dari hewan yang ada disekitar peserta didik. Gerakan-gerakan tersebut misalnya dengan menirukan gerakan burung mengepakan sayapnya atau menirukan gerakan burung terbang. Ini merupakan instruksi untuk gerakan pemanasan dengan merentangkan tangan ataupun gerakan mengayun-ayunkan tangan untuk gerakan otot lengan atau tangan sebagaimana yang dilakukan dalam pembelajaran PJOK di SDN 02 Blacanan.

Baca juga:  Keterampilan Menulis Karangan melalui Metode Image Streaming

Permainan tradisional yang lain masih cukup banyak tinggal kreatifitas dari guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini selain untuk menciptakan kesegaran dan kebugaran juga menyenangkan sehingga pembelajaran PJOK meskipun dilaksanakan secara daring peserta didik akan tetap merasa senang sehingga pembelajaran berjalan secara humanis dan tujuan pembelajaran akan tercapai. (bp1/lis)

Guru PJOK SDN 02 Blacanan, Kec. Siwalan, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya