alexametrics

Mengenal Sifat-Sifat Bangun Persegi Panjang dengan Susu Kotak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,MATEMATIKA merupakan ilmu dasar yang harus dikuasai siswa untuk bisa memahami ilmu lainnya. Namun banyak siswa yang menganggap matematika sangat sulit dipelajari. Anggapan tersebut menyebabkan banyak siswa merasa kalah sebelum berperang. Demikian juga dengan siswa kelas 1 SDN 03 Pekiringanalit, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Karena itulah, penulis mencoba mencari media sederhana, yang inovatif, kreatif, murah, dan mudah diperoleh. Tentunya dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar matematika, sehingga siswa merasa senang, tidak merasa bosan, dan lebih mudah memahami materi sifat-sifat bangun persegi pada mata pelajaran (mapel) matematika. Hal tersebut sesuai dengan fungsi media dalam proses belajar mengajar dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi pada siswa, dapat membangkitkan keinginan, minat yang baru dan pengaruh-pengaruh psikologis yang lain pada siswa. Oleh karena itu, penulis menggunakan susu kotak sebagai media pembelajaran.

Baca juga:  Mendongkrak Hasil Belajar Matematika dengan Teknik Ikonik

Persegi panjang merupakan bangun ruang sisi yang memiliki bidang alas dan bidang atas berbentuk persegi panjang yang berukuran sama dan sejajar serta bidang samping yang disebut persegi panjang. Langkah-langkah dalam pembelajaran mengenal sifat-sifat bangun persegi dengan meja sebagai berikut, pertama, guru menyapa siswa dan mengondisikan kelas agar siap untuk belajar. Kemudian salah satu siswa diminta untuk memimpin doa, jangan lupa guru untuk mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan. Selanjutnya guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan pembelajaran. Kedua, guru menunjukkan kaleng susu yang sudah dibawa kepada siswa sambil bertanya “kaleng susu ini berbentuk apa?” siswa disuruh menjawab secara lisan. Kemudian guru menjelaskan bahwa tabung tidak mempunyai sudut, sambil menunjukkan bagian atas disebut sisi atas, bagian bawah disebut sisi alas, bagian samping melingkar disebut sisi tegak atau selimut tabung, dan terakhir bagian antara atas sampai bawah sambil disebut tinggi kotak. Guru menunjuk bagian yang tadi sudah diterangkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk menjawab secara bergiliran. Ketiga, yaitu guru menggunting kaleng susu kotak tersebut untuk dibuka menjadi lembaran, sehingga terlihat sisi atas dan sisi alas yang berbentuk lingkaran, dan sisi tegak atau selimut tabung berbentuk persegi panjang, akan terlihat jaring-jaring tabung. Keempat, hasil pembelajaran materi sifat-sifat bangun persegi dengan media kaleng susu kotak, kemudian siswa dengan bimbingan guru diminta untuk membuat kesimpulan untuk dicatat di buku siswa masing-masing dari sifat-sifat bangun persegi sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pesegi memiliki sisi alas dan sisi atas berbentuk kotak, memiliki 2 buah rusuk, tidak memiliki titik sudut, bidang tegaknya berbentuk melengkung sehingga sering disebut bidang lengkung, dan bidang lengkung selalu tegak lurus dengan alas maupun atas. Hasil menggunakan media kaleng susu.

Baca juga:  Mudah Menulis Descriptive Text dengan PWIM

Dari kegiatan pembelajaran di atas menandakan bahwa kaleng susu kotak, baik dan cocok digunakan sebagai media dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun persegi. Hal ini terlihat selama proses pembelajaran siswa lebih aktif, merasa bergembira, nyaman, serta siswa lebih termotivasi untuk giat belajar matematika, yang memberikan dampak positif yaitu siswa lebih mudah memahami materi sifat-sifat bangun persegi. Terlihat dari hasil kesimpulan yang dibuat siswa tentang sifat-sifat bangun persegi mendekati kesempurnaan. (ips2.2/ida)

Guru SDN 03 Pekiringanalit, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya