alexametrics

Belajar Penggunaan Mikroskop dengan Aplikasi Whatsapp

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MEREBAKNYA pandemi Covid-19 menyebabkan sekolah menggelar kegiatan pembelajaran dengan metode daring. Ternyata, pembelajaran dengan teknologi digital tidak akan berhasil tanpa adanya kreativitas guru itu sendiri. Seorang guru harus melakukan berbagai cara untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik dan tidak terlalu mempersulit peserta didik.

Whatsapp (WA) merupakan aplikasi yang cukup populer di kalangan masyarakat pada umumnya. Dengan aplikasi ini, peserta didik dapat melakukan pembelajaran, selain mudah, penggunaan internet juga lebih ringan, meskipun tidak terlalu signifikan. Dengan aplikasi whatsapp, dapat menyampaikan materi, video, maupun ujian online secara otomatis. Di akhir ujian bisa ditunjukkan skor atau nilai ujian yang dicapai.

Langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah guru membuat grup kelas yang diampunya. Kemudian memasukkan nomor handphone seluruh peserta didik bimbingannya ke dalam grup tersebut. Jika grup telah terbentuk, maka seluruh anggota grup dapat saling berdiskusi. Guru dapat langsung menyampaikan materi pembelajaran dan tugas-tugas bagi peserta didiknya. Peserta didik dapat langsung mempelajari materi yang telah disampaikan oleh guru serta mengirimkan seluruh penugasan.

Baca juga:  Change Mindset Siswa Pemasaran

Dengan aplikasi whatsapp ini, guru maupun peserta didik dapat mengirimkan file dalam berbagai bentuk seperti dokumen, dokumen pdf, ppt, excel, jpeg, maupun video. Selain itu, aplikasi whatsapp ini melalui fitur kamera dapat dilakukan video langsung, rekaman langsung melalui fitur audio, kirim lokasi melalui fitur lokasi dan mengirimkan nomor kontak. Selain menggunakan handphone, aplikasi whatsapp dapat dibuka di komputer maupun laptop dengan cara mengakses web.whatspp.com. Kemudian scan QR.Code dengan handphone. Jika pemindaian berhasil, bisa mengirim berbagai materi melalui laptop sehingga lebih mudah.

Setelah dipraktekkan peserta didik SMP Negeri 2 Kesesi, Kabupaten Pekalongan, pembelajaran dengan aplikasi whatsapp pada mata pelajaran IPA materi “Penggunaan Mikroskop” cukup mudah diikuti. Proses pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 ini dapat berjalan dengan baik. Materi yang dikirimkan berupa ringkasan, kemudian gambar-gambar penggunaan mikroskop, serta video penggunaan mikroskop agar peserta didik lebih memahami cara pengunaan mikroskop. Apabila masa pandemi ini berakhir, peserta didik dapat mempraktekkan dengan benar. Setelah proses pemberian materi selesai, guru memberikan latihan soal, dan soal ulangan untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada penggunaan mikroskop. Untuk soal latihan, dapat menggunakan aplikasi whatsap autorespon, atau untuk mempermudah dapat membuat soal pilihan ganda pada google form. Kemudian link dapat di-share melalui grup whatsapp, sehingga proses pengoreksian akan secara otomatis dan nilai langsung masuk.
Setelah dilakukan pengamatan, penulis mengangggap bahwa pembelajaran dengan aplikasi whatsapp ini lebih mudah diikuti peserta didik. Karena aplikasi whatsapp sudah familiar di kalangan peserta didik dan peserta didik cenderung lebih pandai menggunakannya. Dengan aplikasi whatsapp ini, guru dan peserta didik lebih mudah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), walaupun syaratnya guru dan peserta didik harus punya cukup kuota untuk melakukan pembelajaran. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga dapat melakukan pembelajaran tatap muka. (ips2.2/ida)

Baca juga:  Mengamati Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan melalui VAK

Guru IPA SMP Negeri 2 Kesesi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya