alexametrics

Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada hakikatnya belajar dan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Dengan belajar, manusia dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya. Belajar (Slameto, 2003:2) adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Pembelajaran daring adalah salah satu kebijakan yang terpaksa diambil oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid–19 di masyarakat terutama di lingkungan sekolah. Kebijakan ini memaksa adanya perubahan pembelajaran yang semula tatap muka antara guru dan siswa menjadi pembelajaran berbasis online/daring. Dengan kebijakan pembelajaran daring ini tentunya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak yang harus bekerja sama dengan baik, agar menjadi kebijakan yang efektif. Sehingga hasil belajar siswa saat pembelajaran daring tidak kalah dari hasil belajar tatap muka di ruang kelas.

Baca juga:  Video sebagai Alternatif Pembelajaran Praktik Larutan Asam Basa

Teknologi amatlah penting bagi siswa untuk mengikuti pembelajaran secara online. Selain itu guru dan orang tua juga tidak kalah penting dalam memberikan peran dan dukungan dan bimbingan terhadap usaha belajar anak. Dalam hal ini kita tidak boleh mengutamakan peran penting dari salah satu pihak tersebut, karena masing-masing mempunyai peran yang saling berkaitan.

Orang tua sangat berperan sebagai pembimbing sekaligus motivator bagi putra-putrinya saat belajar di rumah. Kendala bagi para oranng tua dalam mendampingi putra-putrinya mungkin banyak sekali, di antaranya perannya sebagai pengganti pengajar di rumah saat pandemi ini tidak bisa dianggap remeh. Orang tua harus membagi waktu mengerjakan pekerjaan rumah dan mendampingi putra-putrinya saat belajar online. Para orang tua merasa kesulitan dalam mengganti peran guru sebagai pengajar karena profesi guru itu memerlukan keahlian khusus dan tidak dapat digantikan sembarang orang.

Baca juga:  Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Manajemen Sekolah

Kendala lain mungkin para orang tua tidak mahir untuk mengoperasikan HP atau laptop, dan mungkin masih ada lagi kendala yang dialami oleh para orang tua. Akan tetapi dengan beberapa kendala tersebut bukan berarti para orang tua tidak diperlukan perannya dalam pembelajaran online ini. Peran orang tua adalah mendampingi saat putra-putrinya melaksanakan pembeljaran online ini, paling tidak orang tua dapat memantau dan memastikan bahwa putra-putrinya mengikuti pembelajaran di rumah. Dan pendampingan tersebut merupakan motivasi psikis yang sangat berperan bagi putra-putrinya. Sisi positip yang lain dari para orang tua adalah mereka dapat lebih banyak menghabiskan waktu untuk membimbing perkembangan anak sambil belajar di rumah dan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS dengan Tutor Sebaya

Dengan demikian kita dapat mengambil kesimpulan sisi baik dari pembelajaran daring ini, baik bagi orang tua guru maupun siswa. Hal yang perlu diperhatikan yaitu agar guru dan orang tua dapat bekerja sama untuk menjaga motivasi belajar dan meminimalkan stres belajar pada siswa. (ips2/ton)

Guru Kimia SMA Negeri 1 Bandar, Kab. Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya