alexametrics

Charta Tingkatkan Motivasi Belajar Sistem Organisasi Kehidupan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran adalah proses belajar mengajar yang terdiri atas komponen-komponen belajar. Ada pengajar, ada peserta didik yang belajar, ada materi yang disampaikan, menggunakan metode tertentu dan juga strategi pengajaran yang tepat. Motivasi sangat penting bagi proses belajar, karena motivasi menggerakkan organisme, mengarahkan tindakan serta memiliki tujuan belajar yang dirasa paling berguna bagi kehidupan individu (Soemanto, 2006).

Berdasarkan pengalaman guru selama mengajar di SMP 5 Semarang, pada umumnya peserta didik dalam belajar materi sistem organisasi kehidupan hanya membaca tanpa memahami isi pelajaran. Mereka kurang terlatih untuk berpikir, menyampaikan ide dan memecahkan masalah. Pada setiap kegiatan pembelajaran IPA peserta didik cenderung pasif, kurang bersemangat dan sulit untuk aktif bertanya maupun menyampaikan pendapatnya serta kurang bisa bertanggungjawab terhadap tugasnya.

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Pencemaran Lingkungan dengan PBL

Secara harfiah kata media berarti perantara atau pengantar. Association for Education and Communication Technology (AET) mengartikan media sebagai segala bentuk yang digunakan untuk proses penyaluran informasi, sedangkan National Education Association (NBA) mengartikan media sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan untuk kegiatan tersebut. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, yang dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan peserta didik sehingga mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya.

Untuk memecahkan kesulitan tersebut, guru mencoba mencari strategi baru dalam pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif, merancang kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan berbagai kompetensi, baik dalam kompetensi inti maupun kompetensi dasar peserta didik. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media dipilih karena dengan media diharapkan akan mampu memotivasi peserta didik untuk belajar aktif dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dengan Media CD Interaktif

Media pembelajaran yang digunakan dalam mengajar di SMP 5 Semarang kelas VII di sini adalah media yang mudah didapat, mudah dibuat dan murah tetapi diharapkan mampu memotivasi belajar peserta didik dan mampu menciptakan suasana belajar di kelas meriah, aktif, senang, belajar lebih mandiri, efektif dan efisien. Selanjutnya diharapkan juga akan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik dalam belajar IPA, yaitu dengan menggunakan media charta. Selama ini pemakaian charta hanya di pajang di depan saat guru menjelaskan materi pelajaran sehingga kurang bisa mengaktifkan peserta didik Untuk itu sebagai guru di SMP 5 Semarang mencoba mengkombinasikan media charta dengan permainan simulasi, yaitu dengan membuat Charta yang digunakan sebagai beberan dalam permainan simulasi pada materi sistem organisasi kehidupan kelas VII semester dua tahun pelajaran 2019/2020.

Baca juga:  SMKN 1 Demak Terpilih Jadi Pusat Keunggulan Sektor Hospitality

Berdasarkan pengamatan selama pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan media charta sebagai beberan simulasi dalam pembelajaran materi sistem organisasi kehidupan kelas VII di SMP 5 Semarang semester dua tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. (ips1/ton)

Guru IPA SMP 5 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya