alexametrics

Kreasikan Video Pembelajaran Youtube dengan Edpuzle

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan salah satu pelajaran yang sulit bagi sebagian besar peserta didik. Hal ini karena matematika merupakan ilmu yang abstrak sehingga diperlukan suatu metode khusus untuk pembelajaran matematika terutama bagi anak usia SMP yang masih belajar untuk berpikir abstrak. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan membuat video pembelajaran.

Melalui video pembelajaran guru memberikan penjelasan materi dan contoh-contoh soal, sehingga peserta didik dapat memutar kembali penjelasan materi pada video pembelajaran. Peserta didik juga diperlukan untuk melakukan latihan langsung setelah menyimak pembahasan konsep dan contoh soal untuk mengevaluasi pemahaman materinya.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki permasalahan di antaranya sulitnya mengetahui seberapa banyak peserta didik hadir mengikuti pembelajaran, bagaimana progres peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, dan bagaimana pemahaman peserta didik dalam memahami pelajaran yang telah disampaikan dalam video pembelajaran. Selain itu, guru kesulitan memastikan peserta didik mana yang sudah dan belum menyimak materi dalam video pembelajaran. Jika peserta didik telah membuka video pembelajaran, apakah menyimak penjelasan materi sampai tuntas atau tidak.

Baca juga:  Meningkatkan Self Regulated Learning Melalui Layanan Konsultasi

Proses PJJ dapat menurunkan motivasi peserta didik untuk konsisten mengikuti pembelajaran dan menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Ketidaktahuan tersebut mengakibatkan sulitnya untuk menindaklanjuti hasil pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan alternatif solusi untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Mengreasikan video pembelajaran dengan menggunakan Edpuzle adalah salah satu solusi yang akan dapat menjawab permasalahan di atas.

Edpuzle yang dapat diakses dengan membuka edpuzle.com. Merupakan situs website yang dapat digunakan untuk mengreasikan video pembelajaran. Edpuzle dapat digunakan dengan mengunduhnya melalui playstore sehingga dapat dengan mudah digunakan oleh peserta didik di smartphone.

Untuk menggunakan Edpuzle, setelah membuka situs ini maka melakukan sign up. Jika belum mendaftar atau langung log in, mendaftar dan selanjutnya memilih menu sebagai guru. Untuk membuat kelas, jika telah memiliki kelas dengan google classroom, dapat mengimpor data peserta didik sehingga otomatis masuk ke dalam kelas di Edpuzle.

Baca juga:  Cara Asyik Menghafal Rumus Volume Bangun Ruang dengan Pesan Berantai/Berbisik

Setelah memiliki kelas, dapat membuat konten video pembelajaran yang dapat dikombinasikan dengan video di Youtube atau berbagai sumber video yang disediakan oleh Edpuzle seperti National Geographic, Khan Academy dan sebagainya. Materi matematika tersedia banyak sehingga dapat dijadikan referensi.

Agar lebih maksimal, dapat membuat video pembelajaran sendiri dengan menggunakan berbagai aplikasi video screencast dan kemudian diupload di youtube. Setelah itu, buka Edpuzle dan buka menu konten. Untuk membuka video pembelajaran di youtube, dapat membuka youtube pada halaman Edpuzle.

Berdasarkan uraian tersebut, Edpuzle dapat menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan pemahaman belajar matematika dan mengetahui progres kemajuan belajar peserta didik. Dengan Edpuzle, guru dapat memberikan tindak lanjut dengan tepat. Selain itu, pembuatan kelas baru pada Edpuzle dapat dilakukan dengan mengimpor data kelas pada google classroom. Dengan demikian, Edpuzle mampu mengefektifkan dan memaksimalkan hasil dari proses pembelajaran jarak jauh saat ini. (pai2/ida)

Baca juga:  Tingkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Media Gelas Plastik

Guru Matematika SMPN 26 Depok, Jawa Barat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya