alexametrics

Picture and Picture Mampu Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa adalah sarana yang sangat penting dalam berkomunikasi antarmanusia untuk menyampaikan pikiran, gagasan, atau keinginan. Menurut Wikipedia bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.

Bahasa memudahkan kita dalam berinteraksi dengan orang lain dalam kehidupan sehari hari. Tanpa bahasa kita tidak bisa menyampaikan keinginan kita kepada orang lain.
Bahasa perlu untuk dipelajari khususnya bahasa Inggris yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai hal. Namun banyak siswa yang kesulitan dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam hal berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Hal tersebut dipengaruhi, minimnya kosakata. Dalam pembelajaran bahasa, kosa kata merupakan hal terpenting yang harus dikuasai. Kosakata yang merupakan salah satu unsur bahasa yang memainkan peran penting dalam menguasai bahasa Inggris, baik lisan dan tertulis.

Dalam hal ini, pentingnya belajar kosakata adalah sama pentingnya belajar bahasa karena melalui kosakata kita dapat mengkomunikasikan ide-ide kita, emosi dan keinginan.
Selain itu, dengan perintah yang baik dari kosa kata atau bahasa, seseorang dapat mengekspresikan ide-ide secara efektif dan efisien.

Baca juga:  MBS dalam Masa Pandemi

Kosakata yang sedikit membuat seseorang merasa kurang percaya diri dalam berbicara. Perkembangan kemampuan berbahasa akan mendasari kemampuan membaca, semakin kaya penguasaan kosakata yang dimiliki maka semakin mudah anak memahami tulisan, dan pada akhirnya semakin lancar kemampuan anak membaca (Kumara, 2014).

Kesulitan ini harus dicarikan solusinya dengan menggunakan media pembelajaran yang dibutuhkan siswa dalam belajar. Salah satu model yang masih menjadi favorit para guru dalam pembelajaran adalah Model pembelajaran picture and picture menurut Suprijono (dalam Huda 2014: 236) mengemukakan, “Picture and picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Sesuai dengan karakter anak yang suka dengan gambar, Picture and picture bisa dijadikan salah satu media yang menarik minat belajar siswa dalam mempelajari bahasa Inggris. Picture and picture merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif, yaitu pembelajaran yang membutuhkan kerja sama dengan pasangannya.

Baca juga:  Media Memory Games dalam Pembelajaran Signs and Symbols

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok, pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang harmonis.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris, siswa kelas VII MTs N 4 Sleman akan sangat terbantu menambah kosakata dengan gambar-gambar yang disediakan oleh guru.
Dalam menerapkan model pembelajaran picture and picture, menurut Suprijono (dalam Huda 2014: 236-238) ada langkah-langkah yang harus diikuti adalah guru menyampaikan kompetensi yang akan mereka capai. Guru memberikan motivasi yang bisa menarik perhatian siswa untuk belajar, setelah siswa siap dan merasa tertarik untuk belajar guru mulai menunjukkan atau memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.

Pada tahapan berikutnya, guru memanggil siswa secara bergantian untuk memasang dan mengurutkan menjadi urutan yang logis, tetapi guru juga harus berinovasi dalam penunjukan, jangan sampai siswa merasa terhukum.

Baca juga:  Belajar Describing an Animal melalui Heads or Tails Zoom Game

Setelah semua gambar terpasang secara urut, guru mengajak para siswa untuk berdiskusi, mengidentifikasi gambar, misalnya pada materi time, guru bisa memberikan gambar kegiatan pada waktu pagi yang disertai dengan waktu , siswa bisa diajak untuk mendefinisikan waktunya dan berlatih menyebutan waktu yang tertera.

Guru mengusahakan semaksimal mungkin siswa aktif berdiskusi dan menyebutkan kata-kata bahasa Inggris terkait materi yang sedang dipelajari.

Model pembelajaran yang menarik tentunya akan membuat siswa menyenangi pelajaran yang diberikan, hal ini dibuktikan pada pembelajaran bahasa Inggris pada materi Time kelas VII semester 1 di MTs N 4 Sleman. Dengan bantuan gambar, siswa dengan mudah mengenali waktu dan menyebutkan serta mengaitkan dengan kegiatan sehari hari atau daily activity. Dengan begitu pembelajaran bahasa Inggris menjadi menyenangkan tetapi tetap bermakna. (dar2/lis)

Guru MTs Negeri 4 Sleman

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya