alexametrics

Permudah Penilaian Procedure Text melalui Video Pembelajaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN adalah salah satu wadah pembentukan karakter peserta didik. Pemerintah mencanangkan pendidikan berkarakter demi membentuk kepribadian seseorang agar lebih baik. Menciptakan generasi yang berbudi pekerti, berakhlak mulia, dan berjiwa patriotik serta kesatria. Zaman telah berubah, teknologi semakin hari semakin canggih. Berbagai alat komunikasi telah diciptakan untuk mempermudah kelangsungan hidup dengan kecepatan konektifitas dan tambahan banyak fiture-fiture canggih.

Hand Phone (HP) tidak ada manusia modern yang tak mengenalnya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua, tak asing lagi mendengar benda tersebut. Pagi, siang, sore, malam bagaikan pakaian yang tak pernah lepas dan terpisah dari tangan. Jadi seolah-olah HP itu bagian dari tubuh manusia.

Penilaian dalam program pembelajaran merupakan salah satu kegiatan untuk menilai tingkat pencapaian kurikulum dan berhasilnya proses pembelajaran. Penilaian dalam konteks hasil belajar diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran tentang kecakapan yang dimiliki oleh siswa setelah mengikuti beberapa kegiatan.

Baca juga:  Media Pembelajaran Inovatif : Baju dari Plastik Bekas

Menurut Kemendikbud nomor 23 tahun 2016, penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Tujuan penilaian hasil belajar siswa bagi guru dalam proses belajar mengajar, untuk mengetahui tingkat kemajuan dan kesesuaian hasil belajar peserta didik dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Procedure text adalah teks yang berisikan perintah atau langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu. Dengan kata lain, procedure text dibuat untuk memberi gambaran bagaimana sesuatu dilakukan melalui langkah berurutan.

Judul procedure text sangat mudah dikenali. Biasanya diawali dengan “How to….” Misalnya how to speak English fluently and confidently. (Cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri). How to make a glass of tea (cara membuat segelas teh) dan sebagainya.

Baca juga:  Pembelajaran IPS di Era Pandemi dengan Video Pembelajaran

Penghentian sementara proses belajar tatap muka untuk mencegah penyebaran virus korona. Membuat banyak guru mencari cara mengembangkan pembelajaran siswa di rumah. Agar pembelajaran tidak monoton dan tidak membuat siswa stres, beberapa guru disarankan untuk membuat tugas di rumah dalam bentuk proyek atau memanfaatkan aplikasi pembelajaran daring seperti yang sedang terlaksana pada SMP Negeri 24 Semarang saat ini.

Seorang guru mata pelajaran bahasa Inggris menugaskan siswanya praktik untuk membuat segelas teh untuk bapaknya. Siswa tersebut mempraktikkan cara membuat segelas teh dan mengucapkannya memakai bahasa Inggris dengan dibantu ibu atau kakaknya untuk mereka. Selanjutnya hasil dikirimkan melalui WA gurunya. Tercapailah penilaian procedure text peserta didik. Guru menyarankan sebaiknya alat dan bahan praktiknya yang sudah ada di rumah, sehingga siswa tidak perlu keluar rumah.

Baca juga:  Tingkatkan Ketrampilan Berbicara dengan Gambar Seri

Memberi apresiasi bagi siswa menjadi suatu hal penting bagi seorang guru. Dengan begitu siswa menjadi lebih terpacu untuk mengeluarkan potensi terbaiknya. Guru bisa memberikan hadiah kepada para siswanya yang mendapatkan nilai terbaik. Apresiasi atas tugas-tugas siswa sangat penting dalam rangka memacu semangat siswa untuk mengerjakan tugas selanjutnya dengan sebaik-baiknya. (fbs2/ida)

Guru SMP Negeri 24 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya