alexametrics

Belajar Asyik Seni Musik menggunakan Aplikasi Schoology

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Seni musik sering dianggap sebagai pelajaran yang tidak penting bagi sejumlah anak didik. Apalagi jika kita memberikan pelajaran teori, mereka akan merasa bosan dan menyepelekan, beda halnya dengan praktik. Teknologi pendidikan yang merupakan praktik dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber untuk belajar, memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran.

Menurut (Sudjana, 1989) dalam (Candra, 2006:61) metode mengajar adalah cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran. Untuk mengatasi kebosanan dalam belajar teori adalah dengan sistem online yaitu dengan aplikasi Schoology.

Seperti pada masa pandemi ini, hampir semua lembaga pendidikan dari jenjang SD sampai perguruan tinggi menggunakan sistem PJJ (pembelajaran jarak jauh ) atau daring. Di SMAN 3 Pemalang ada beberapa pilihan sistem pembelajaran daring, salah satunya menggunakan aplikasi Schoology.

Baca juga:  Praktikum untuk Lestarikan Budaya Pernikahan Adat Jawa

Schoology adalah sebuah media berbasis web untuk membuat, mengelola dan saling berinteraksi serta membuat kontens yang berhubungan dengan akademis. Dengan fitur ini anak bisa merasa nyaman, karena tidak memakan biaya. Guru terbantu untuk membuka kesempatan komunikasi yang luas kepada siswa agar lebih mudah untuk mengambil peran/bagian dalam diskusi. Schoology banyak menawarkan media seperti video, audio, dan gambar untuk mendukung teori maupun praktik pelajaran seni musik.

Ketika memanfaatkan aplikasi scoology siswa terlatih untuk mandiri dan mengembangkan karakter serta keahlian dengan segala fitur – fitur yang sudah tersedia lengkap dalam Schoology. Guru juga sudah bisa mengunggah materi secara menyeluruh, baik teori maupun praktik pada fitur yang telah disediakan.

Baca juga:  Kenalkan Budaya Indonesia melalui Video Dokumenter

Cara belajar Schoology, buka browser dan daftar terlebih dahulu melalui halaman www.schoology.com. Setelah tombol Sign Up dipilih, akan muncul tampilan dan pilih saja pada tombol student, akan muncul juga gambar fitur. Setelah tombol continue dipilih akan muncul lagi menu. Dan kita akan terdaftar sebagai account guru atau account siswa. Pada layar jika kita sudah terdaftar sebagai member student atau teacher maka akan muncul Log In/Sign Up. Untuk memulai pelajaran seni musik berarti kita langsung masuk pada menu Log In dan langsung muncul untuk kita menuliskan email dan paswood , barulah kita bisa masuk untuk member siswa/guru. Pada menu terdapat pilihan Upgrade, Corses, Group dan Resources.

Baca juga:  Penerapan Metode Tikrar di Boarding School MTsN 3 Demak

Sehingga apabila kita berkaca dari uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa keberadaan aplikasi schoology ini sangat membantu siswa ssebagai peserta didik, untuk memahami semua materi pembelajaranya. Karena dalam proses pembelajaran tersebut, siswa sebagai peserta didik dapat mengikuti pelajaran dalam susana yang nyaman, tanpa terganggu dengan batasan ruang dan waktu. Terkadang dalam pembelajaran konvensional banyak siswa yang tidak fokus dan mengantuk. Terbatasnya ruang dan waktu sehingga peserta didik kurang maksimal dalam menerima dan menyerap materi pembelajaran yang disampaikan guru. Maka perlu inovasi dengan metode yang tepat untuk memaksimalkan kemampuan siswa untuk dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. (fbs2/ton)

Guru Seni Musik SMA Negeri 3 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya