alexametrics

Asyiknya Belajar PABP dengan Metode Index Card Match

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN merupakan suatu proses yang melibatkan segala aspek kehidupan manusia. Pendidikan dapat dilaksanakan oleh beberapa faktor lingkungan yang masing-masing memiliki tanggung jawab sendiri. Faktor tersebut meliputi pendidikan dalam keluarga. Pendidikan di sekolah maupun pendidikan di lingkungan masyarakat.
Belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkaitan pengalaman dan latihan (Alifus Syabri, 2007:54). Proses belajar mengajar di sekolah terjadi karena adanya interaksi antara siswa dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, maka lingkungan perlu ditata sedemikian rupa agar terjadi reaksi yang diinginkan (Sudijono, 2011:11).

Dari latar belakang masalah di atas, salah satu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, supaya siswa menjadi aktif yaitu dengan menggunakan metode index card match. Metode ini digunakan sebagai sebuah straregi dalam suatu pembelajaran, dimana siswa diminta untuk saling berpasangan dengan mencocokkan sebuah kartu yang mereka pegang. Kartu tersebut berupa pertanyaan dan pernyataan (Hamruni, 2012:162).

Baca juga:  Implementasi GeMas dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila

Jadi, dengan adanya metode ini dapat melatih pola pikir siswa agar memiliki kemampuan kecepatan berpikir. Terutama dalam mempelajari konsep atau topik pembelajaran melalui pencarian kartu jawaban atau kartu soal. Harapannya, para peserta didik mampu meningkatkan hasil belajar siswa SDN 01 Gintung.

Metode pembelajaran index card match merupakan metode pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk bekerjasama dan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab peserta didik atas apa yang mereka pelajari secara menyenangkan. Mereka saling bekerja sama dan membantu untuk menyelesaikan pertanyaan dan melemparkan pertanyaan kepada pasangan lain. Kegiatan belajar bersama ini dapat membantu memacu belajar aktif dan kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil yang memungkinkan untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi (Isjoni, 2012:50).
Tipe index card match berhubungan dengan cara-cara untuk mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari. Selain itu, dapat menguji pengetahuan serta kemampuan peserta didik dengan teknik mencari pasangan kartu jawaban atau soal. Sambil belajar mengenai konsep atau topik dalam suasana menyenangkan.

Baca juga:  Sukses Pembelajaran di Sekolah dengan Pendekatan Keluarga

Metode pembelajaran ini merupakan suatu cara pembelajaran aktif untuk meninjau ulang materi pelajaran dengan teknik mencari pasangan kartu index yang merupakan jawaban atau soal. Dengan adanya metode ini, dapat melatih pola pikir siswa agar memiliki kemampuan kecepatan berpikir dalam mempelajari konsep atau topik pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.
Penerapan metode index card match ini sangat bermanfaat. Tahapannya antara lain, 1) kegiatan pembelajaran menjadi lebih asyik, sehingga siswa tidak merasa bosan. 2) Siswa menjadi aktif dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), hampir semua siswa berani bertanya dan menjawab pertanyaan. 3) Meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil/nilai yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). (pai1/ida)

Baca juga:  Pembelajaran Online Berbasis Proyek Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi

Guru PABP SDN 01 Gintung, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya