alexametrics

PHO Menarik Minat Siswa kerjakan Soal Matematika

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA dianggap sebagai pelajaran yang sulit karena para pelajar sudah menjudgebahwa matematika itu sulit dan rumit karena selalu berhubungan dengan angka, rumus dan hitung-menghitung, khususnya siswa kelas 9 SMPN 1 Kaliwungu Kabupaten Kendal. Mereka pun tidak berniat untuk mempelajarinya, kecuali karena tuntutan materi. Pemikiran awal seseorang yang seperti itu jelas akan memengaruhi terhadap penguasaan matematika seseorang karena sebelumnya sudah ada rasa takut tidak bisa memahami pelajaran matematika dan malas. Mereka sudah terlebih dahulu tidak tertarik dengan matematika sebelum mencobanya. Apalagi jika mendengar kabar akan diadakan Penilaian Harian Matematika

Pengembangan IT saat ini telah bergabung dengan komunikasi dan pendidikan. Era akhir ini bidang pendidikan mengadopsi dan melibatkan IT dalam proses pembelajaran. Smartphones baru dengan semua kemampuannya telah menciptakan lingkungan pembelajaran secara maya atau virtual learning environment. Perangkat smartphone dapat berfungsi sebagai telepon seluler (mobile phone), tetapi juga dapat sebagai komputer genggam yang mengandung berbagai macam sensor dan komunikasi antarmuka. Smartphone memiliki banyak keuntungan dalam pengiriman suara, teks, gambar, data, dalam format yang kaya dan kecepatan ekstrim. Mobile learning sebagai lingkungan pembelajaran berbasiskan mobilitas teknologi, mobilitas para pembelajar dan mobilitas pembelajaran yang menambah lanskap pendidikan sebagai dasar dalam penyusunan soal Penilaian Harian Online (PHO).

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Gambar Berseri

Salah satu fitur keren yang ditawarkan produk google di Google Drive adalah adanya fitur google form. Google Form berfungsi untuk membuat kuis online atau Penilaian Harian Online (PHO) yang digunakan untuk melakukan evaluasi materi-materi yang telah disampaikan ke peserta didik. melihat kemudahan menu di google form saya yakin setiap guru pasti bisa. Google Forms gratis, tidak ada biaya untuk menggunakan produk tersebut. (https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Formulir)

Pada saat penilaian yang diselenggarakan secara konvensional dilaksanakan masih ditemukan sejumlah masalah, seperti : 1) butuh kertas dan alat tulis, 2) berlangsung secara tatap muka, sehingga siswa harus berada di tempat yang sama untuk melaksanakan ujian, 3) dibutuhkan waktu untuk mengumpulkan lembar jawaban dan proses tabulasi jawabannya. 4) Siswa kurang percaya diri, takut.
Dengan PHO pada mata pelajaran Matematika menjadi lebih efisien, menarik dan menyenangkan. Siswa lebih menyukai PHO karena mereka bisa lebih cepat menyelesaikan ujian dan lebih santai dalam mengerjakan. Menu dan fitur fitur Lebih mudah dan cepat karena tidak menghitamkan atau menyilang jawaban, jadi banyak waktu yang lebih dioptimalkan. Tetapi Sistem PHO yang diterapkan ini memiliki sejumlah tantangan, baik bagi guru, orangtua, dan siswa. Kebutuhan kuota internet tentunya menjadi tambahan biaya yang mesti dikeluarkan orangtua untuk belajar anaknya, perangkat smartphone, laptop bagi siswa yang kurang mampu dan lemahnya sinyal operator data. (bp1/ida)

Baca juga:  Penggunaan Media Sosial Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Guru Matematika SMPN 1 Kaliwungu, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya