alexametrics

Metode Total Explanation Mudahkan Siswa Memahami Teks

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,PEMBELAJARAN bahasa Inggris di masa pandemi Covid-19 mengalami banyak kesulitan. Di antaranya karena guru dan siswa tidak diperkenankan melakukan proses belajar secara tatap muka. Di sisi lain, materi pelajaran bahasa Inggris adalah kompleks sehingga membutuhkan waktu yang cukup dan usaha keras untuk memahami sebuah teks.

Untuk memahami sebuah text reading berbahasa Inggris, siswa harus mempelajari structure, grammar, vocabulary dan penggunaan tanda baca. Untuk memahami materi listening, selain kemampuan di atas, siswa juga harus mempelajari pengucapan, intonasi kalimat dan ritme. Dalam proses belajar secara daring (online), siswa mengalami banyak kesulitan untuk menguasai kemampuan–kemampuan di atas, karena waktu yang terbatas dan sangat tergantung pada kekuatan sinyal internet.

Metode total explanation, sangat membantu siswa untuk mempelajari text reading, listening, speaking dan writing. Hornby (1995:1253),”total” 1. Complete, absolute. Kata “total” berarti lengkap atau absolut. Hornby (1995:405), “explanation” 1. The action or process of explaining something. Kata “explanation” berarti suatu tindakan atau proses menerangkan sesuatu. Metode Total Explanation adalah cara menyampaikan materi pelajaran bahasa Inggris dengan cara membahas keseluruhan komponen-komponen berbahasa yaitu, structure, grammar, vocabulary, punctuation, pronunciation, intonation dan ritme.

Baca juga:  Picture and Picture Mudahkan Siswa Memahami Materi Pembelajaran Tematik

Berikut ini adalah contoh penerapan metode Total Explanation dengan Youtube berdurasi delapan menit. Contoh teks: We should eat enough vegetable, fruit, rice, meat, egg, fish, tofu, and tempe to be healthy. We should eat well in order not to get sick easily. Don’t skip breakfast. We should eat breakfast to have energy to do or activities during the day.
Pertama, kita baca teks tersebut dengan pelan dan diterjemahkan. Setelah satu kalimat selesai, kita mulai membahas structure dan grammar misalnya modal auxiliary should. Setelah kata should kita menggunakan infinitive. Kita bahas kata benda (noun). Rice dan meat adalah uncountable noun. Kata benda seperti vegetables, fruit, fish, tofu dan tempe adalah bisa countable noun atau uncountable noun.

Baca juga:  Strategi Memotivasi Siswa dalam Mempelajari Kisah Nabi

Pada kalimat kedua, kita baca kalimat tersebut dengan pelan, dengan pengucapan dan intonasi yang benar. Setelah itu, kita bahas structure dan grammar-nya. Structure kalimat yang sama tidak dibahas lagi. Pada kalimat ini menekankan penggunaan frase in order not to. In order not to adalah bentuk negative dari in order to. Frase ini digunakan untuk mengungkapkan maksud dari suatu tindakan.
Kalimat ketiga adalah “Don’t skip breakfast”. Kita baca dengan pelan untuk memberi contoh pengucapan dan intonasi yang benar. Ini adalah kalimat larangan. Kita membetuk kalimat larangan dengan kata don’t kemudian diikuti kata karja bentuk pertama. Pada kalimat itu terdapat kata breakfast, maka kita dapat menambah vocabulary siswa dengan kata yang lain misalnya, lunch, dinner dan supper. Demikian seterusnya sampai kalimat terakhir.

Baca juga:  Solusi Pembelajaran Bahasa Inggris Tepat melalui TPR

Kelebihan metode Total Explanation ini adalah siswa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Siswa tidak merasa berat karena tidak harus menghafal kosa kata dan menerjemahkan suatu teks. Metode ini terbukti sangat efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8A SMP Negeri 1 Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. (bp1/ida)

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Kandangserang, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya