alexametrics

Menganalisis Nilai-Nilai Pancasila dengan Metode PBL dan Aplikasi Classroom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BAGAI dua sisi mata uang, Pandemi Corona yang menimpa Bangsa Indonesia membawa keburukan dan kebaikan. Satu sisinya bisa menjadi media untuk meningkatkan output pembelajaran diharapkan bisa membentuk siswa-siswa yang terampil memanfaatkan media yang berbasis Tehnologi Informasi. Tetapi disisi yang lain membuat proses pembelajaran terhambat. Pembelajaran tidak bisa dilaksanakan melaui tatap muka, mau tidak mau harus bisa menggunakan media tehnologi informasi. Sedangkan kenyataan yang ada di lapangan, juga banyak mengalami kendala. Diantaranya anak tidak memiliki hp android, keterbatasan penguasaan teknologi informasi untuk pembelajaran, keterbatasan dana, sinyal yang buruk, dan masih banyak lagi.

Penggunaan metode dengan aplikasi tertentu sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas maya. Pada masa pandemi Corona proses belajar mengajar yang diterapkan di SMA Negeri 1 Wirosari menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Di mana proses pembelajaran tersebut terjadi dalam kelas maya. Siswa dan guru tidak bertatap muka. Siswa tetap berada di rumah sedangkan guru bisa berada dirumah atau di kantor. Saya mencoba menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh dengan “Penerapan Metode PBL dengan menggunakan Aplikasi Classroom untuk menganalis nilai-nilai Pancasila.”

Baca juga:  Belajar Seni Lukis Media Piring

Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode PBL atau Problem Basic Learning dengan aplikasi Classroom merupakan kegiatan pembelajaran dengan memberikan berbagai persoalan mengenai perilaku sehari-hari kemudian diaploud di classroom.

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas X MIPA 7 , mula-mula anak diminta masuk dalam kelas maya “classroom PPKn X MIPA 7 TP 2020/2021 SMAN 1 WIROSARI”. Dalam kelas maya tersebut, dicari bagian tugas kelas. Dalam tugas inilah kita bisa mengelola kelas yang diajar pada pertemuan hari itu. Di dalamnya diseting topik hari itu, daftar hadir, materi yang mau diajarkan dan tugas-tugas yang harus diselesaikan siswa sesuai dengan jadwal jam pelajaran pada pertemuan itu. Karena pada pertemuan tersebut menggunakan metode Problem Basic Learning, maka di dalam bagian tugas yang harus diselesaikan siswa dalam menganalisis pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam praktek penyelanggaraan negara, maka diapload gambar-gambar mengenai perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari. Selanjutnya anak-anak diminta menganalisis gambar-gambar yang diapluad tersebut. Apakah dalam gambar-gambar tersebut menampilan perilaku yang sesuai ataukah melangar nilai-nilai Pancasila. Dan nilai sila berapakah dari Pancasila yang sesuai dengan gambar tersebut. Setelah semua gambar teranalisis, kemudian anak-anak diminta menuliskan hasil analisis di tulis dalam buku. Kemudian diminta mengirim melalui classroom. Atau bisa juga anak-anak diminta mengerjakan di google dokumen yang ada dalam bagian aplikasi classroom. Di bagian akhir, guru bisa melihat siapa-siapa anak yang sudah atau belum mengirim tugas. Dengan menilai dan mengembalikan hasil pekerjaan siswa, maka akan merespon dengan mengirim kembali tugasnya. Dengan demikian interaksi tetap terjadi dan target materi dapat dicapai.

Baca juga:  Mengatasi Luas Permukaan Belahan Bola Pejal dengan Semangka

Manfaat menggunakan metode dengan aplikasi classroom ini, antara lain dapat membantu menyelesaikan permasalah materi pembelajaran pada masa pandemi corona. Proses belajar mengajar tetap bisa berjalan dengan aplikasi classroom. Bagi siswa tetap bisa memahami materi dan dapat meningkatkan kemampuan pengunaan hp android untuk pembelajaran. Sedangkan bagi guru bisa lebih meningkatkan kreatifitas dalam membuat media pembelajaran untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh.

Melalui kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dengan menggunakan metode PBL dengan aplikasi classroom proses pembelajaran tetap bisa berlangsung, walaupun tanpa tatap muka. Pandemi corona ternyata bisa meningkatkan kreatifitas siswa dan guru dalam memanfaatkan hp android. (fbs1/zal)

Guru SMAN 1 Wirosari

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya