alexametrics

Siswa SMK Bisa Punya Penghasilan dengan Belajar Bisnis Online

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DUNIA pendidikan, perkantoran, transportasi, wisata, dan perusahaan maufaktur di awal pandemi Covid-19 semua terdampak hingga harus merumahkan karyawannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak dan kerumunan (physical distancing). Namun hal ini menjadi suatu peluang bagi dunia bisnis online dimana fisik tidak harus bertemu, namun bisa melakukan komunikasi bisnis melalui sosial media dan perangkat telekomunikasi yang ada.

SMK Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga yang memiliki jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran sangat bisa dimanfaatkan bagi siswa yang ingin menekuni bisnis online sejak dini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari bisnis online yaitu usaha komersial dalam bidang perdagangan baik menjual produk ataupun jasa, dimana bisnis ini menggunakan internet sebagai wadahnya. Siswa kelas XI dan XII memperoleh pelajaran Bisnis Online dan siswa kelas XI juga melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Rumah Digital Purbalingga yang bergerak di bidang bisnis online. Dengan begitu, siswa dapat mempraktekkan langsung ilmu bisnis online yang telah dipelajari.

Baca juga:  Memahami Perpindahan Panas melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Dengan mempelajari bisnis online siswa diharapkan bisa memulai menghasilkan uang sendiri tanpa meminta dari orang tua. Di era internet seperti sekarang ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu menyewa ruko untuk membuka toko yang harganya sangatlah mahal. Usia remaja yang harusnya belajar baik di sekolah formal maupun nonformal sangat disayangkan bila mereka tidak diarahkan dan dibimbing untuk sesuatu yang lebih berguna bagi dirinya dan bagi bangsa negaranya.

Memulai bisnis itu tidaklah mudah, dan benar-benar membutuhkan pengorbanan yang besar mulai dari waktu, tenaga, hingga uang. Tetapi hasilnya akan sangat dirasakan selama tidak menyerah dahulu, kegagalan pasti akan ditemui namun keinginan untuk bangkit lagi yang membuat pengalaman berbisnis bisa berkembang di masa datang. Pelaku bisnis online harus memahami bagaimana bisnis itu berjalan dan bagaimana bersikap profesional saat menghadapi konsumen atau pelanggan.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Fisika dengan Microsoft Teams

Semua jenis usaha yang ada di sekitar siswa dapat dipasarkan secara online kepada pelanggan yang tersebar di dunia maya. Media pemasaran online meliputi, iklan online, e-commerce, mobile marketing, sosial media atau jejaring sosial, teknik afiliasi, email marketing, optimasi search engine dan strategi pemasaran online (Murwatiningsih, 2017).

Menumbuhkan semangat berusaha melalui bisnis online ke siswa SMK sangat membantu bangsa dalam pemulihan ekonomi dalam masa new normal akibat Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir dan membekali siswa untuk siap bersaing di dunia usaha.

Wirausaha akan muncul ketika seseorang berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Membuat seseorang menjadi berani mengembangkan usaha dan idenya melalui motivasi berwirausaha yang kuat. Dua hal tersebut harus saling berhubungan agar tercipta wirausaha yang kuat dan tangguh serta berkualitas (Astiti, 2014).

Baca juga:  Metode Critical Thinking dalam Pembelajaran Teks Tanggapan Kritis

Semoga masa pandemi Covid-19 ini tidak menyurutkan nyali para pendidik untuk memompa semangat para siswa khususnya siswa SMK dengan memanfaatkan informasi teknologi (IT) agar ide bisnis online yang ditekuni siswa sesuai kapasitasnya bisa maksimal dan berdaya guna. (fbs1/ida)

Guru Produktif Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) SMKN 1 Rembang, Kabupaten Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya