alexametrics

Pemanfaatan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di SMP

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran matematika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistematis, kritis, logis dan analitis peserta didik. Tujuan tersebut dicapai melalui proses pembelajaran yang berlangsung.

Proses pembelajaran pada masa pandemi ini juga memberikan tantangan khusus pada proses pembelajaran karena dilakukan dengan jarak jauh. Guru tidak dapat menjelaskan materi secara langsung kepada peserta didik, dan interaksi antar peserta didik seperti kegiatan diskusi dan kerja kelompok tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya. Kegiatan komunikasi hanya dapat dilaksanakan melalui jarak jauh dengan penggunaan berbagai aplikasi untuk video conference seperti zoom, google meet, dan sebagainya.

Objek matematika yang abstrak menjadi kendala khusus bagi dalam proses pembelajaran jarak jauh. Penggunaan aplikasi pembelajaran menjadi salah satu alternatif solusi dalam hal ini. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mengetahui beberapa program atau aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah Geogebra.

Baca juga:  Menepis Habis Kesulitan dalam Menulis Puisi

Pada materi matematika SMP, aplikasi geogebra dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika pada beberapa topik diantaranya koordinat kartesius, relasi dan fungsi, fungsi linier, sistem persamaan linier dua variabel, fungsi kuadrat, bangun datar, bangun ruang, dan sebagainya. Geogebra dapat digunakan untuk materi yang sederhana hingga materi yang komplek.

Tahapan awal penggunaan geogebra dalam pembelajaran jarak jauh dapat diawali dengan menjelaskan tata cara penggunaan geogebra. Karena proses pembelajaran berjalan dengan jarak jauh, maka guru dapat membuat tutorial penggunaan geogebra dan di upload ke youtube kemudian membagikan linknya kepada peserta didik. Peserta didik dapat mengikuti tutorial untuk menggunakan geogebra. Tutorial penggunaan geogebra untuk pembelajaran koordinat kartesius materi kelas VIII Semester 1 dapat dibuka di https://youtu.be/CJ0j_axWB4I di media chanel youtube video pembelajaran duaenam, SMPN 26 Depok, Jawa Barat. Pada tutorial tersebut guru menengenalkan beberapa menu yang digunakan untuk belajar koordinat kartesius dengan menggunakan geogebra.

Baca juga:  Bermain, Belajar Gaya Baru Matematika pada Siswa SD Kelas Rendah

Salah satu langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan untuk mengefektifkan kegiatan pembelajaran jarak jauh, dengan merekam penjelasan materi kemudian link video pembelajaran. Melalui kegiatan video conference, guru dan peserta didik dapat melakuan kegiatan sharing dan diskusi. Guru dan peserta didik juga dapat membahas materi koordinat kartesius dengan menggunakan geogebra dengan lebih mudah dan hasil yang tepat. Guru dapat menggambarkan titik-titik koordinat sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh peserta didik. Melalui titik-titik yang digambarkan pada geogebra maka peserta didik dapat melakukan pengamatan posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y sehingga proses penemuan konsep dapat berlangsung pada aktivitas tersebut.

Guru juga dapat mengembangkan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada peserta didik untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari tentang posisi dan kedudukan berbagai tempat yang berada di lingkungan sekitar dan menyajikannya pada bidang koordinat kartesius. Dengan demikian, penggunaan geogebra dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah. (pai1/ton)

Baca juga:  Demonstrasi dengan Lidi untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Kelas

Guru Matematika SMPN 26 Depok, Jawa Barat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya