alexametrics

Motivasi Kepala Sekolah Tingkatkan Kualitas Guru dan Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM pembelajaran online, sebagian peserta didik kerap kurang aktif sedalam menyampaikan pemikirannya sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan guru dan siswa agar semangat dalam proses belajar mengajar, sehingga harapannya siswa dapat memiliki prestasi dalam belajar.
Penulis sebagai kepala SD Negeri 03 Jojogan, Kecamatan Watukumpul berusaha memberikan motivasi kepada guru dan siswa pada pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 melalui beberapa tindakan. Hal ini diharapkan agar pembelajaran online di sekolah benar–benar dapat berjalan efektif sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. Adapun motivasi yang penulis berikan kepada guru dan siswa dalam pembelajaran online meliputi beberapa hal, 1) meningkatkan kualitas guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam proses pembelajaran online, guru adalah faktor penentu keberhasilan pembelajaran online. Guru adalah faktor dominan dalam penentuan kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik, akan menghasilkan hasil belajar yang baik juga.

Baca juga:  Swaform Note Permudah Belajar Bahasa Jawa di Masa Pandemi

2) Memilih metode pembelajaran yang tepat. Guru dituntut untuk dapat memilih metode belajar yang tepat untuk mengajar. Jika guru dapat memilih metode pembelajaran dengan tepat, maka tujuan belajar akan tercapai dengan lebih mudah. Pemilihan metode belajar yang tepat juga akan meningkatkan motivasi belajar siswa dan minat belajar siswa sehingga akan tercipta suasana belajar yang menyenangkan. 3) Memaksimalkan fasilitas pembelajaran dalam proses pembelajaran, pemanfaatan falitas belajar yang baik juga menentukan motivasi belajar dalam proses pembelajaran online. Pembelajaran online memerlukan fasilitas yang menunjang pembelajaran seperti internet, komputer atau gawai. Pemanfaatan fasilitas yang baik akan memaksimalkan materi yang akan disampaikan dengan memaksimalkan fungsi fasilitas yang ada. Pihak sekolah diharapkan memberikan dukungan yang optimal untuk mendukung pembelajaran online yang dilaksanakan oleh para gurunya. Seperti penggandaan sumber belajar, komputer yang tersambung dengan internet, dan alat-alat yang mendukung kegiatan pembelajaran bagi para guru. Sarana prasarana tersebut digunakan untuk mencari pengetahuan dan informasi dari berbagai sumber. 4) Memanfaatkan penggunaan media motivasi belajar siswa pada pembelajaran online dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan penggunaan media yang menarik, sehingga akan membuat siswa tertarik kepada pembelajaran. Dalam hal ini, guru bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung pembelajaran online. Contohnya, guru bisa membuat atau menggunakan media animasi untuk mendukung proses pembelajaran, yaitu dalam proses penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak, sehingga dapat lebih mudah dimengerti dan lebih menarik. Media animasi yang digunakan dapat menggunakan power point yang menarik, membuat bagian yang menarik, membuat poster, atau membuat animasi video. 5) Melakukan evaluasi pembelajaran pada pembelajaran online penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan dengan melakukan evaluasi pada pembelajaran online, maka dapat diketahui apakah pembelajaran dapat berjalan efektif atau tidak. Jika dirasa tidak efektif, maka dapat melakukan modifikasi pada sistem pembelajaran yang sesuai dengan siswa.

Baca juga:  Layanan Bimbingan Kelompok di Masa Pandemi

Demikian motivasi tindakan kepala sekolah terhadap guru dan siswa agar pembelajaran online di masa pandemi berjalan efektif, efisien, dan tercapainya tujuan pendidikan. Kepala Sekolah juga melakukan evaluasi pembelajaran online yang dilakukan oleh guru dan siswa apakah berjalan efektif atau tidak. Jika tidak, dapat dilakukan modifikasi pada sistem pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. (pai1/ida)

Kepala SDN 03 Jojogan, Watukumpul, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya