alexametrics

Dengan Area Isi, Kemampuan Mengapresiasi Cerita Meningkat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,Tujuan pembelajaran sastra sebagaimana tertuang dalam kurikulum mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah agar siswa mampu menikmati, memahami, dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
Di sekolah dasar secara khusus pembelajaran sastra tekait dengan tataran kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan. Pada tataran kebahasaan, pembelajaran sastra diarahkan agar siswa mengenal dan mampu membedakan bentuk prosa, puisi.

Pembelajaran sastra hendaknya kegiatan apresiasilah yang menjadi tujuan utama. Sedangkan perangkat pengetahuan sastra diperlukan guna mendukung kegiatan apresiasi. Pembelajaran sastra di sekolah harus memberi pengalaman pada siswa yang akan berkontribusi pada empat tujuan. Yakni mencari kesenangan pada buku, menginterpretasi bacaan sastra, mengembangkan kesadaran bersastra, dan mengembangkan apresiasi (Huck, 1987).

Dari hasil pengamatan di beberapa sekolah dasar, khususunya di sekolah penulis yakni Sekolah Dasar Negeri 01 Wisnu diperoleh kenyataan bahwa pembelajaran sastra belum berjalan sebagaimana mestinya, guru lebih banyak memberi materi yang bersifat teoritik dan kurang memberi latihan pada kegiatan apresiasi.

Baca juga:  Auriska Ditya Novriandini, Tak Sepenuhnya Cinta Membahagiakan

Padahal menurut Effendi (1983), apresiasi sastra adalah kegiatan menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghayatan, kepekaan kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra. Maka dari itu penulis memberikan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan aris (area isi).

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan apresiasi sastra dengan pendekatan area isi (content area). Pembelajaran apresiasi sastra dengan pendekatan area isi ini adalah sebuah pendekatan yang mengarahkan siswa untuk dapat mencari, menggali, dan menemukan sendiri hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur pembentuk dan isi yang terkandung dalam sebuah karya sastra.

Untuk dapat melakukan kegiatan pencarian, penggalian, dan penemuan tersebut siswa perlu diakrabkan dengan karya sastra baik melalui kegiatan menyimak maupun kegiatan membaca sastra.
Pembelajaran apresiasi sastra dengan pendekatan area isi ini dirancang sebagai berikut. Pertama, siswa diarahkan pada kegiatan mengakrabi karya sastra dengan sungguh-sungguh, yakni melalui kegiatan menyimak atau membaca karya sastra.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Geometri Dimensi Tiga

Dari kegiatan mengakrabi ini diharapkan tumbuh pemahaman, baik pemahaman akan unsur-unsur pembentuk karya sastra maupun pemahaman akan nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah karya sastra (unsur isi). Kedua, hasil pemahaman selanjutnya dipertajam melalui kegiatan diskusi dan curah pendapat. Dalam hal ini, kegiatan diskusi dapat dilakukan antara siswa dengan siswa, atau antara guru dan siswa. Dari hasil diskusi dan curah pendapat ini diharapkan selain dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra, juga dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan bernalar siswa. Ketiga, dari hasil pemahaman selanjutnya dapat dituangkan dalam bentuk laporan tertulis.

Melalui kegiatan pembelajaran ini kemampuan menulis siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Wisnu meningkat. Dengan demikian, apa yang dituntut dalam pendekatan whole language sebagai wawasan pendekatan area isi telah terpenuhi. Yakni pembelajaran dimulai dari menyuruh siswa menyimak atau membaca, dilanjutkan dengan kegiatan berbicara, dan terakhir kegiatan menulis. Juga pemahaman siswa akan unsur-unsur pembentuk karya sastra, nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra, dan kemampuan berbahasa siswa juga meningkat. Adapun kelemahan pendekatan ini adalah memerlukan waktu yang Panjang sehingga menghabiskan jam pelajaran yang lainnya. (ips1/lis)

Baca juga:  Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita melalui Model Pembelajaran Inovatif TTW

Guru SD Negeri 01 Wisnu

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya