alexametrics

Belajar PBO Lebih Menyenangkan dengan Alice

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PBO atau kepanjangan dari Pemrograman Berorientasi Objek merupakan metode yang berorientasi terhadap objek. Metode ini biasa dikenal dengan istilah OOP atau Objek Oriented Programming, di mana semua data maupun fungsi didefinisikan ke dalam beberapa kelas atau objek yang tujuannya yaitu saling bekerja sama untuk memecahkan masalah. PBO sangat cocok digunakan untuk pemrograman yang berskala besar. PBO sangat erat hubungannya dengan bahasa pemrograman, beberapa bahasa pemrograman yang dapat digunakan menggunakan konsep PBO di antaranya: PHP, Java, C++, Delphy, Phyton, dan lain sebagainya.

Bagi siswa SMK Negeri 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan, belajar PBO merupakan hal yang susah dan membosankan. Siswa harus menguasai salah satu bahasa pemrograman terlebih dahulu baru dapat menguasai konsep PBO itu sendiri. Alice, merupakan sebuah lingkungan pemrograman 3D yang inovatif yang memudahkan untuk membuat animasi untuk bercerita, memainkan permainan interaktif (game), atau video sederhana. Alice dapat digunakan sebagai alat pengajaran open source yang dirancang untuk menjadi paparan pertama bagi siswa untuk belajar Pemrograman Berbasis Objek.

Baca juga:  Mendongkrak Kinerja Guru di Masa Pandemi melalui Supervisi Akademik

Dengan Alice, siswa dapat belajar PBO dengan mudah dan menyenangkan, karena antarmuka Alice yang interaktif dan penggunaannya yang mudah yaitu hanya dengan melakukan drag and drop untuk membuat sebuah program. Alice dapat membuat siswa untuk melihat bagaimana program animasi yang mereka buat dapat berjalan dan memungkinkan siswa dengan mudah untuk memahami hubungan antara kode program dan perilaku objek dalam animasi yang mereka buat.

Sungguh sangat mudah dan menyenangkan belajar konsep PBO menggunakan software Alice. Karena dapat menimbulkan motivasi siswa untuk belajar lebih lanjut. Siswa hanya perlu mengotak-atik sedikit program, maka sudah jadi animasi yang sederhana. Bagi seorang guru, aplikasi freeware ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk memperkenalkan secara sederhana dan mudah dipahami secara logika tentang bahasa pemrograman berbasis objek kepada siswa. (on2/aro)

Baca juga:  Pembelajaran Kepariwisataan dengan YouTube di Masa Pandemi

Guru Produktif Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya