alexametrics

Lagu: Media Pembelajaran Speaking

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Bahasa Inggris tidak akan terlepas dari empat ketrampilan berbahasa yaitu menulis (writing), membaca (reading), menyimak (listening) dan berbicara (speaking). Masing-masing aspek mendapatkan porsi yang seimbang dan dilaksanakan secara terpadu untuk mengembangkan kecakapan hidup dalam arti luas. Berbicara merupakan wujud aktifitas lisan dalam berkomunikasi yang dilakukan. Oleh sebab itu, keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Inggris menempati posisi yang sangat signifikan di samping keterampilan berbahasa yang lain.

Rendahnya kompetensi peserta didik dalam ketrampilan berbicara merupakan salah satu permasalahan dalam pembelajaran bahasa Inggris yang terjadi di SMP Negeri 2 Kesesi. Minimnya kosakata, tata bahasa, minat, motivasi dan rasa percaya diri membuat mereka enggan untuk mengembangkan ketrampilan ini. Untuk menumbuhkan kembali minat peserta didik dalam pembelajaran speaking maka perlu adanya strategi yang lebih menarik, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media. Media yang digunakan adalah lagu.

Ada beberapa tahap dalam pembelajaran speaking dengan menggunakan media lagu. Tahap pertama adalah menumbuhkan minat, motivasi dan rasa percaya diri peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Memperkenalkan lagu-lagu berbahasa Inggris merupakan langkah awal dalam tahap ini muali dari lagu populer jaman dulu sampai lagu yang sedang viral saat ini. Hal ini akan membantu peserta didik mengenal lagu-lagu tertentu yang pernah didengar sebelumnya. Langkah berikutnya adalah survey sederhana akan minat peserta didik terhadap lagu, mulai dari jenis lagu atau tema lagu apa yang mereka sukai secara umum untuk dijadikan acuan pendidik dalam memilah-milah dan menyesuaikan tema lagu sesuai dengan tingkat kemampuan dan ketertarikan mereka. Yang jelas, mulailah dengan lagu-lagu dengan beat lambat agar mereka bisa mengikutinya.

Baca juga:  Nilai Moral Romeo and Juliet sebagai Sumber Belajar Siswa

Tahap kedua adalah memperdengarkan lagu beberapa kali sesuai dengan kebutuhan dengan menyertakan liriknya. Banyak sekali referensi video lagu/ MP4 yang bisa di download oleh pendidik ataupun peserta didik di internet baik itu dari media sosial maupun You Tube. Usahakan menampilkan video lagu dengan lirik sehingga mereka bisa bernyanyi bersama. Hal ini juga akan membantu siswa untuk lebih fokus dan menikmati lagu. Peserta didik diwajibkan mengucapkan lirik sesuai yang mereka dengar secara berulang-ulang. Dengan menunjuk satu-satu, maka pendidik akan lebih dapat mengidentifikasi kelemahan-kelemahan siswa sehingga bisa mengoreksi ucapan dengan benar.

Tahap berikutnya adalah melatih siswa untuk melengkapi lirik rumpang sambil mendengarkan lagu. Peserta didik diberi selembar kertas yang berisi lirik lagu rumpang yang akan diisi ketika lagu diperdengarkan. Menggunakan lagu yang berbeda adalah salah satu varisai agar mereka mendapatkan lebih banyak kosakata seklaigus untuk meminimalisir kebosanan. Setelah selesai mengerjakan, maka tugas berikutnya adalah adalah mengucapkan atau menyanyikan lagu sesuai dengan lirik yang sudah dilengkapi.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh dengan Media Whatsapp

Tahap terakhir adalah refleksi dan apresiasi. Tahap yang tak kalah penting adalah mengoreksi pengucapan/pelafalan peserta didik dengan tepat dan benar. Memberikan contoh ucapan/pelafalan yang benar akan membantu kemampuan berbicara mereka lebih baik dan meningkat. Dan jangan lupa untuk meminta peserta didik tetap melatih kemampuan speaking memalui lagu dirumah masing-masing dengan lagu yang bervariasi. Langkah terakhir adalah memberikan apresiasi terhadap hasil kerja keras mereka. Memberikan pujian kepada mereka yang sudah bisa mengucapkan/ melafalkan dengan baik dan benar serta tetap memberi semangat kepada mereka yang masih belum sempurna pelafalanya. Pujian merupakan cara yang bisa memotivasi mereka untuk tetap berusaha dan belajar.

Jadi, pembelajaran speaking melalui lagu ini, merupakan salah satu cara dari sekian banyak alternatif yang ada. Lagu sebagai salah satu media pembelajaran audio visual bisa memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi peserta didik terutama dalam meningkatkan kemampuan speaking sekaligus listening. Kemampuan speaking akan berkembang karena mereka secara tidak langsung belajar dari native speaker (penutur asli/penyanyi) dengan cara meniru dan mengucapkan apa yang didengar. (ips2/zal)

Baca juga:  Gugah Semangat Belajar selama Pandemi dengan Animasi

Guru SMPN 2 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya