alexametrics

Teks Ulasan Menyenangkan dengan Tayangan Karya Anak Bangsa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENGIDENTIFIKASI informasi pada teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan, merupakan salah satu kompetensi dasar (KD) yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII semester genap. Keterampilan menulis teks ulasan merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang tidak kalah penting dibanding keterampilan menulis yang lain. Akan tetapi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas menunjukkan bahwa siswa masih belum mampu menulis teks ulasan dengan baik.
Ada beberapa permasalahan yang biasanya dihadapi oleh siswa kelas VIII dalam membuat teks ulasan. Antara lain karena kurangnya minat dan motivasi siswa dalam mengulas sebuah karya sehingga membuat siswa kesulitan dalam menentukan struktur teks ulasan, seperti bagian orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman serta sulit dalam penggunaan diksi. Selain itu, kurangnya perhatian guru terhadap penerapan model pembelajaran yang efektif, sangat mempengaruhi antusiasme siswa. Pembelajaran dengan model yang efektif, bisa membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran dan lebih mudah menuangkan kata-kata ketika menulis teks ulasan.

Baca juga:  Ava Tingkatkan Keterampilan Menulis Iklan, Slogan, dan Poster

Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi guru bahasa Indonesia untuk dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa tersebut. Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan membantu guru dalam menyampaikan materi tentang teks ulasan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis multimedia.

Media pembelajaran berbasis multimedia merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan penggabungan antara gambar, suara atau audio, dan video. Media pembelajaran berbasis multimedia yang digunakan yaitu berupa penayangan film karya anak bangsa. Tayangan yang dipilih adalah film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Film menjadi salah satu media audiovisual yang banyak digemari masyarakat, tak terkecuali para siswa. Melalui tayangan film, apa yang dipandang oleh mata dan yang didengar oleh telinga akan lebih cepat dan lebih mudah diingat daripada apa yang hanya dibaca atau didengar saja. Selain itu, film mampu meningkatkan kemampuan otak kanan peserta didik melalui warna, musik, visualisasi, serta emosi yang ditayangkan dalam film.

Baca juga:  Mudahnya Menulis Cerpen dengan Gambar Ilustrasi

Dengan menyaksikan secara langsung penayangan film Laskar Pelangi, siswa dapat menemukan unsur-unsur teks ulasan secara cepat, karena mereka dapat langsung menyimak jalannya cerita. Selain itu, mereka juga memiliki ketertarikan yang cukup bagus dalam mengikuti pembelajaran ini karena tidak membosankan. Dengan adanya penayangan film ini, penyampaian materi tentang teks ulasan tidak lagi membosankan. Siswa terlihat sangat antusias selama mengikuti kegiatan pembelajaran ini. Selain itu, juga ditunjukkan dengan adanya tingkat pemahaman siswa terhadap teks ulasan yang semakin meningkat. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan mereka dalam menyusun teks ulasan. (dj2/ida)

Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Kajen, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya