alexametrics

Tingkatkan Pembelajaran Introduction Oneself And Others dengan Intoduction Chain.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BAHASA Inggris merupakan salah satu mata pelajaran bahasa dalam kurikulum 2013 yang diajarkan di sekolah, baik dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat menengah atas. Kaitannya dengan hal tersebut,terutama di jenjang SMP dan SMA Pemerintah telah merumuskan Kompetensi Dasar yang hendak dicapai dalam penguasaan Bahasa Inggris, yang terbagi menjadi 4 keterampilan yaitu keterampilan mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing).Kita baik guru maupun siswa tidak boleh memilih salah satu saja dari keempat ketrampilan tersebut,semua harus di ajarkan, tetapi penulis ingin menitik beratkan pada keterampilan berbicara( speaking) dalam artikel kali ini.Karena berdasarkan pengalaman penulis sebagai guru Bahasa Inggris di kelas VII SMP Negeri 6 Semarang.

Contohnya Siswa- siswa yang setiap ulagan tertulis mendapatkan nilai 90 bahkan ada yang mencapai nilai 100, tetapi pada saat dia di ajak berkomunikasi dalam Bahasa Inggris mereka kebingungan untuk menjawabnya, mereka nampak ragu untuk memulai berbicara. Sehingga siswa mulai menujukkan kejenuhan dan kurang bersemangat, bahkan mengganggu temannya saat mengikuti pembelajaran, sehingga pencapaian kompetensinya juga kurang memenuhi terget atau kkm yang sudah di tentukan. Maka di sini di butuhkan peran guru sebagai fasilitator dan motifator untuk membuat proses pembelajaran yang menyenangkan.

Baca juga:  Online Games Atasi Kejenuhan Siswa Belajar Kosa Kata secara Daring

Mengetahui hal tersebut penulis menemukan cara bagaimana agar siswa mau mencoba, yakni dengan menggunakan permaianan.Permainan yang penulis kembangkan adalah permaianan Intoducttion Chain, pada materi Introduction oneself and others dan akhirnya tanpa ragu dan takut dengan penuh percaya diri siswa berani berbicara Dalam permainan ini siswa belajar memperkenalkan diri sendiri dan orang lain secara berurutan.Selain melatih percaya diri dalam berbicara, permainan ini juga meningkatkan konsentrasi dan kemampuan mengingat. Permainan inidapat di kembangkan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Misalnya pada siswa kelas VII ini perkenalannya di awal dapat menyebutkan nama dan umur, kemudian bisa di tingkatkan lagi dengan menyebutkan asal, alamat, hobi, kesukaan dan sebagainya.

Baca juga:  Adiksimba, Mudahkan Mengkonstruksi Teks Laporan Hasil Observasi

Dalam permainan ini yang perlu di siapkan adalah Guru perlu memberikan contoh ungkapan memperkenalkan diri sendiri dan orang lain, seperti penggunaan I am …, He/ She is …, I have …, He/ She has …, I live …., She/ Hs lives …, etc.Sedangkan cara bermainnya adalah Pertama siswa berkelompok 4-5 orang maju kedepan kelas.Kemudian setiap anggota kelompok memperkenalkan diri secata berurutan, dan siswa yang paling kiri memperkenalkan diri, misalnya “ Hello, I am Ahmad, I am 13 years old. I like reaing books”. Siswa yang di sebelahnya lanjut memperkanalkandiri sendiri sekaligus memperkenalkan teman yang sebelumnya.Misalnya, “ Hello, I am Diana, I am 12 years old. I like singing, and, he is Ahmad. He is 13 years old.too, He likes reading books .Perkenalan berlanjut ningga siswa yang terakhir.Dengan cara tersebut siswa- siswa menjadi lebih bersemangat.

Baca juga:  Menyenangkan, Belajar Percakapan Bahasa Inggris dengan Komik

Demikian pengalaman penulis selaku guru Bahasa Inggris dalam berupaya meningkatkan ketrampilan berbicara Bahasa Inggris siswa. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca, guru dan guru Bahasa Inggris pada khususnya. (pai1/zal)

Guru SMPN 6 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya