alexametrics

E-Learning English di Tengah Pandemi Lebih Asyik dengan Kreasi Video Sendiri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27). E-learning adalah proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).

Menurut Rosenberg (2001) karakteristik e-learning bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, e-learning sangat dibutuhkan pada saat ini, apalagi disaat pandemi Covid-19. Untuk itu guru dituntut untuk selalu meng-update perkembangan ilmu dan teknologi dalam melaksanakan pembelajaran.

E-learning english yang penulis ajarkan adalah menggunakan media video pembelajaran, yang di bagikan lewat Youtube dan Google Classroom. Dalam hal ini penulis mengajar bahasa Inggris pada beberapa kelas, diantaranya kelas X, XI, dan XII di SMKN 3 Jepara. Penulis sangat menyadari untuk pembelajaran bahasa Inggris dengan sistem e-learning sulit dipahami jika hanya mengandalkan komunikasi satu arah, hanya membagikan materi tanpa menjelaskan secara detail setiap KD (Kompetensi Dasar). Maka dari itu, penulis membuat video pembelajaran dengan menggunakan beberapa aplikasi yang bisa diaplikasikan menjadi sebuah video yang menarik, dengan background suara/video gurunya, untuk dipakai pada pembelajaran bahasa Inggris/e-learning english.

Baca juga:  Bermain Voli Kasti Tingkatkan Kemampuan Servis Bawah

Dengan menggunakan media video pembelajaran lewat e-learning english, maka para siswa lebih mudah memahami, hal ini terbukti setelah di share/dibagikan Video pembelajaran, siswa bisa menjawab pertanyaan serta tugas yang diajukan oleh penulis. Penulis juga telah melaksanakan survei kepada para siswa klas X, XI, XII SMKN 3 Jepara tentang media mana yang paling menarik/mengasyikkan pada saat pembelajaran bahasa Inggris/e-learning english, sebagian besar siswa menjawab video pembelajaran yang dibuat sendiri oleh penulis.

Video pembelajaran menjadi tren saat ini, hal ini bisa kita lihat banyaknya bermunculan bimbingan belajar yang lebih menarik dengan menggunakan video pembelajaran, sebut saja misalnya bimbingan belajar online Ruang Guru, video pembelajaran yang ditayangkan beberapa TV misalnya TVRI dan sebagainya. Akan tetapi tidak bisa dipakai untuk pembelajaran bagi siswa, karena terbentur dengan pembiayaan, waktu dan lain lain. Maka dari itu, dengan video pembelajaran yang dibuat sendiri oleh gurunya akan lebih efektif, efisien serta ada kedekatan guru dan siswa didalamnya, setidaknya ada video/suara yang bisa mereka dengarkan secara langsung.

Baca juga:  Bridging Course Bekal Awal Penguasan Bahasa Inggris Peserta Didik

Langkah awal penulis membuat video pembelajaran dengan kreasi sendiri, yang diaplikasikan beberapa aplikasi yang dirangkai oleh penulis dengan menggunakan beberapa aplikasi pada smartphone. Setelah selesai membuat video pembelajaran, penulis membagikannya lewat Youtube, Google Classroom dan Whatsapp. Setelah dishare penulis memberikan link untuk absensi online lewat google form. Tidak lupa penulis menyapa terlebih dahulu dan mempersilakan pada para siswa yang diajar sesuai dengan jadwal pembelajran di SMKN 3 Jepara, serta penulis mempersilakan siswa untuk bertanya setelah mempelajari video yang telah penulis buat.

Jika sudah jelas, maka penulis membuat tugas sesua dengan KD/tema video yang dibagikan penulis pada tugas kelas Google Classroom atau membagikan alamat link soal lewat google form.
Pembelajaran bahasa Inggris online/e-learning english akan lebih menarik oleh siswa dengan menggunakan video pembelajaran, terutama video yang dibuat oleh gurunya sendiri bukan copy paste dari karya orang lain. Siswa akan lebih semangat karena di situ ada identitas kelas dan sekolah yang bisa dicantumkan pada video pembelajaran yang dibuat oleh gurunya. Ada kebanggaan yang tersurat pada siswa atas video pembelajaran yang telah dibuat oleh gurunya. (pai1/lis)

Baca juga:  Guru Butuh Kesabaran Ekstra dalam Pembelajaran Daring

Guru SMK Negeri 3 Jepara

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya