alexametrics

Lebih Mudah Memahami Fungsi Komposisi dengan Metode Inkuiri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran adalah keaktifan belajar peserta didik. Sikap aktif terwujud dengan menempatkan peserta didik sebagai subyek pendidikan atau pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered), sedangkan peran guru adalah sebagai fasilitator dan bukan sumber utama pembelajaran (teacher centered). Peserta didik yang aktif mampu memanfaatkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari, dan mampu mengaplikasikan dalam pelajaran (constectual teaching).

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika juga ilmu yang bertujuan untuk mendidik manusia agar dapat berpikir secara logis, kritis, rasional dan percaya diri.

Inkuiri adalah salah satu strategi pembelajaran yang dikembangkan dalam dunia pendidikan. Melalui strategi ini, anak akan mengembangkan kreativitas diri sendiri dengan bantuan yang diberikan oleh guru. Kreativitas adalah modal dalam pencerdasan dan pendewasaaan anak. Melalui pendidikan proses pencerdasan, pendewasaan sosial dan emosional termasuk pendewasaan religius dibangun secara terarah. Pembelajaran inkuiri berarti suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri (W. Gulo, 2008).

Baca juga:  Terapkan Make A Match untuk Mengenal Malaikat Allah dan Tugasnya

Pada metode pembelajaran inkuiri peserta didik dihadapkan pada sebuah masalah, sehingga peserta didik harus berusaha secara aktif dengan kemampuan dan keterampilannya untuk mendapatkan hasil penyelesaian dari masalah yang dihadapinya. Metode pembelajaran inkuiri akan melatih peserta didik berani mengemukakan pendapat dan menemukan sendiri pengetahuannya yang berguna untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.

Materi komposisi fungsi untuk Matematika SMA kelas X semester 2 dapat lebih mudah dipelajari dengan menggunakan metode inkuiri. Langkah pertama dalam pembelajaran ini adalah peserta didik merumuskan masalah, menyusun pertanyaan berkaitan dengan fungsi komposisi. Langkah kedua peserta didik melakukan observasi atau pengamatan tentang konsep fungsi komposisi. Peserta didik mencari dan mempelajari materi dari berbagai sumber, dari buku paket, menonton video pembelajaran, dan sebagainya. Langkah ketiga, peserta didik melakukan analisa dan menyajikan hasil observasi secara tertulis. Langkah terakhir, hasil pembelajaran disajikan di depan kelas.

Baca juga:  Belajar Statistika dengan Worksheet Zaman Now

Dengan metode inkuiri ini diharapkan peserta didik berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Mereka merumuskan masalah, mengamati dan mempelajari sendiri materi pembelajarannya, sampai menyajikan dan membuat kesimpulan tentang fungsi komposisi. Di sini peran guru sebagai fasilitator dan memberi pengarahan. Metode inkuiri dalam pembelajaran fungsi komposisi ini sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar sebagai proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.

Berdasarkan uraian tersebut, kami berharap semoga pembelajaran matematika tentang fungsi komposisi fungsi dengan metode inkuiri ini dapat diterapkan secara maksimal. Sehingga peserta didik dapat belajar dengan mudah dan meningkatkan prestasi serta rasa percaya diri. (fbs1/ton)

Guru Matematika SMA Negeri 3 Pemalang

Baca juga:  Metode Bermain Peran Sukseskan Belajar Soal Cerita Matematika

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya