alexametrics

Belajar Mitigasi Bencana Lebih Enjoy dengan Schoology Berbantuan Video

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam ilmu geografi, mitigasi bencana bukanlah suatu pembelajaran yang terdengar baru. Banyaknya bencana yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, membuat masyarakatnya harus bisa melakukan upaya untuk mencegah terjadinya bencana itu terjadi kembali atau memperkecil dampak yang disebabkan oleh bencana tersebut. Dengan pembelajaran mengenai mitigasi bencana yang diajarkan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Semarang, diharapkan mampu menyadarkan masyarakat usia remaja untuk bisa lebih peduli pada mitigasi bencana guna mengurangi dampak yang diakibatkan dari bencana yang seringkali terjadi di Indonesia.

Karena, dengan adanya pengetahuan untuk sadar terhadap pentingnya antisipasi bencana dapat dilakukan dengan cara yang menarik dan bertujuan untuk mengedukasi. Penggunaan aplikasi pendukung seperti schoolgy dengan media pendukung berupa video dalam pembelajaran mitigasi bencana ini pun diharapkan dapat memberikan efek positif bagi siswa yang mengikutinya.

Baca juga:  Belajar Intepretasi Citra Penginderaan Jauh dengan Aplikasi SASPlanet.exe

Mitigasi bencana adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk dapat menghambat atau mengurangi bahkan menghilangkan risiko jangka panjang yang diakibatkan karena suatu bencana yang terjadi (Damayanti, 2014). Tindakan tersebut dapat seperti menghindarkan manusia dari suatu tempat atau daerah yang berbahaya atau berpotensi bencana. Dengan adanya materi yang cukup rumit untuk hanya dipelajari melalui buku, ditambah dengan kondisi di Indonesia sekarang yang sulit untuk belajar secara tatap muka karena adanya wabah Covid-19 ini, materi mitigasi bencana dapat lebih menarik jika dikembangkan menggunakan media pendukung berupa video.

Schoology merupakan layanan jejaring sosial dalam kegiatan belajar mengajar secara virtual untuk sekolah dan pendidikan tinggi yang memungkinan pengguna untuk membuat, mengelola, dan saling berbagi konten akademik (Wikipedia). Penggunaan aplikasi pendukung schoology beberapa waktu belakangan ini sering digunakan oleh beberapa guru dikarenakan kondisi di Indonesia yang saat ini sedang tidak kondusif dikarenakan adanya wabah virus Covid-19.

Baca juga:  Anak TK Dilatih Sigap Hadapi Bencana

Pembelajaran menggunakan aplikasi schoology membuat para guru harus berpikir kreatif agar materi yang disampaikan tidak membuat siswa menjadi jenuh dan bosan. Maka dari itu penggunaan media pendukung video dalam pembelajaran materi mitigasi bencana ini harus dibuat sedemikian menarik sehingga mampu membuat siswa tidak bosan dan mampu menyerap materi dan ilmu yang disampaikan. Contohnya saja, guru akan memberikan video mengenai terjadinya bencana alam tanah longsor. Dalam video tersebut, guru juga akan menjelaskan mengenai bagaimana bencana tanah longsor itu terjadi dan dampak yang diakibatkan dari bencana alam tersebut. Penyampaian materi mitigasi bencana menggunakan media pendukung berupa video akan lebih menarik dan mudah dipahami oleh para siswa, dikarenakan siswa akan lebih memahami bagaimana proses terjadinya suatu bencana secara lebih detail. Dan hal itu mampu membuat siswa untuk dapat memikirkan banyak hal dan mengupayakan langkah-langkah untuk menghindari terjadinya bencana tanah longsor.

Baca juga:  Telegram sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Online

Dengan menggunakan aplikasi schoology dalam pembelajaran mitigasi bencana, akan sangat mengasyikkan karena pada aplikasi ini setiap siswa dapat berkomunikasi langsung dengan guru melalui kotak pesan (chat) yang sudah disediakan. Selain itu, tampilan yang diberikan pada aplikasi schoology ini cukup menarik karena mirip seperti aplikasi sosial media pada umumnya, sehingga sangat mudah untuk digunakan. Di zaman yang sudah sangat maju seperti saat ini, banyak sekali para siswa yang lebih suka untuk menonton video dibandingkan dengan membaca buku, menjadikan pembelajaran berbantuan video ini menjadi pilihan menarik bagi beberapa guru di Indonesia. (fbs1/lis)

Guru Mapel Geografi SMA Negeri 6 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya