alexametrics

Mudah Pahami Zat Adiktif dan Psikotropika dengan Cooperative Script dan Word Square

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran belum optimal. Banyak peserta didik yang kurang aktif melibatkan diri dalam pembelajaran. Partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran sebatas mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru dan mencatat isi yang disampaikan. Belum terlihat peserta didik yang antusias dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat. Peserta didik cenderung diam. Apalagi, kemampuan untuk membangun dan menemukan sendiri pengetahuannya masih jauh dari yang diharapkan.

Ketika diskusi dilakukan, terlihat hanya beberapa peserta didik yang aktif sedangkan yang lain berlaku sebagai pendengar. Bahkan, kerja sama dalam sebuah diskusi untuk membahas tugas-tugas dari guru disalah-artikan menjadi ”yang satu bekerja sementara yang lain diam”. Umumnya, mereka masih bergantung pada teman-temannya yang lain, sehingga peserta didik terkesan pasif dan kurang siap saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Peserta didik dalam kegiatan pembelajaran masih saling menunjuk teman untuk berpendapat atau menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Sejarah Islam Siswa dengan Metode Resitasi

Di samping itu, pelajaran IPA yang sebenarnya sarat dengan materi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari justru menjadi pelajaran yang dihafal semata. Materi IPA dipahami oleh peserta didik hanya sebatas hafalan-hafalan secara kognitif. Sementara itu, jika dipandang dari sisi afektif dan psikomotorik, fokus peserta didik belum terintegrasi sepenuhnya dalam setiap pembelajaran. Hal inilah yang membuat peserta didik memahami materi justru dengan cara menghafalkan fakta-fakta dan bukan dari hasil menemukan atau membangun sendiri pengetahuannya. Materi zat adiktif dan psikotropika, misalnya, merupakan materi yang sulit dipahami karena sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati objeknya secara langsung.

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, maka strategi pembelajaran dengan pembentukan kelompok diprediksi dapat meningkatkan peran serta peserta didik. Strategi ini dapat melatih ketelitian atau kecermatan peserta didik, memberikan tanggung jawab bagi mereka untuk menjelaskan materi kepada peserta didik yang lain, dan dapat melatih peserta didik untuk saling bekerja sama. Salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang diterapkan dengan memperhatikan permasalahan peserta didik dalam pembelajaran adalah cooperative script.

Baca juga:  Penerapan Model PjBL pada Materi Sifat – Sifat Cahaya

Strategi cooperative script merupakan pembelajaran dengan pembentukan kelompok lama dan kelompok baru. Seorang peserta didik yang telah bergabung dengan suatu kelompok untuk membahas suatu materi, misalnya, akan digabungkan secara acak dengan peserta didik lain dari kelompok berbeda yang membahas materi berbeda pula. Kemudian, di kelompok baru tersebut mereka akan berdiskusi bersama sesuai dengan materi yang telah mereka pelajari dari kelompok lama mereka. Strategi ini memiliki keunggulan dalam mengaktifkan peran serta peserta didik dalam belajar.

Nantinya peserta didik akan menerangkan materi yang diterimanya kepada peserta didik lain sebagai pendengar. Dengan saling bertukar peran, akan jelas terlihat munculnya kerja sama antar peserta didik. Untuk memberikan variasi dalam pembelajaran dan sekaligus untuk memberikan rangsangan-rangsangan secara kognitif, pembelajaran ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan menggunakan kotak word square. Word square merupakan kotak yang berisi kumpulan huruf yang berorientasi pada tujuan pembelajaran (Kiranawati 2007).

Baca juga:  Mengajar Asyik Kelas Online Bahasa Inggris Masa Krisis Covid-19

Gabungan kedua kegiatan tersebut disebut dengan cooperative script dan word square yaitu sebuah strategi yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas untuk mengatasi rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi zat adiktif dan psikotropika bagi peserta didik kelas VIII-B di SMP Negeri 32 Semarang. (on1/aro)

Guru SMP Negeri 32 Semarang
dionisia.indri@gmail.com

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya