alexametrics

Belajar Memukul Bola Kasti dengan Cara Bola Digantung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Permainan kasti adalah permainan beregu yang menggunakan bola dan pemukul serta peralatan lainnya. Permainan kasti dilakukan di lapangan terbuka.dan dimainkan oleh dua tim. Satu tim menjadi regu pemukul, sedangkan tim kedua menjadi regu jaga. Setiap tim terdiri dari dua belas orang. Permainan kasti termasuk olahraga permainan bola kecil. Permainan kasti banyak juga dimainkan di kalangan masyarakat umum.

Dalam permainan kasti mengutamakan adanya kecepatan, ketrampilan dan ketepatan serta teknik, taktik dan strategi permainan. Untuk meraih kemenangan dalam permainan kasti dibutuhkan kerjasama dalam satu regu. Menurut Sri Suseno Dwi Pamungkas (2015:10-11) pengertian permainan kasti adalah permainan yang menggunakan bola kecil dan pemukul dari kayu yang dimainkan di lapangan.

Tujuan permainan kasti antara lain untuk melatih kerjasama, kedisplinan antar teman, rasa tanggungjawab, percaya diri, sportif dan jujur. Dalam permainan kasti dibutuhkan adanya ketrampilan memukul bola, menangkap bola dan melempar serta kemampuan berlari. Memukul bola merupakan teknik yang harus dikuasai setiap siswa, karena sebuah pukulan menentukan berhasil tidaknya permainan. Sebagian para siswa kurang mahir dalam menguasai teknik-teknik memukul. Pada saat pemukul berkenaan bola, sering terjadi kesalahan. Contohnya tidak mengenai sasaran atau bola. Inilah yang menjadi kekurangan dalam permainan kasti.

Baca juga:  DM Solusi di Masa Pandemi

Dalam kurikulum pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olah Raga, kasti merupakan salah satu materi yang diajarkan kepada siswa kelas 5. Di SD Negeri Pleburan 03 Semarang, masih banyak siswa yang belum memahami permainan tersebut, sehingga untuk memudahkan dalam belajar perlu adanya modifikasi dalam hal belajar memukul. Untuk memudahkan dalam belajar memukul bola perlu adanya metode yang mudah untuk dipahami yaitu dengan cara bola digantung dengan seutas tali agar siswa mudah dan mahir dalam belajar memukul. Salah satu teknik memukul bola yaitu dengan teknik pukulan melambung.

Adapun caranya adalah posisi badan berdiri tegak, kaki dibuka hingga kaki kiri berada didepan dan kaki kanan berada agak di belakang. Tangan kanan memegang pemukul pada saat bola dalam jangkauan pukulan. Posisi tangan yang memegang pemukul agak menyamping hingga membentuk sudut 45 derajat. Fokus pandangan tertuju pada bola yang digantung dan tangan siap-siap memukul bola. Ayunkan pemukul mengarah pada bola yang digantung dengan ayunan sekuat mungkin hingga bola terpukul secara melambung dan mengarah ke depan.

Baca juga:  Video Pendek Atasi Kendala Sinyal pada Pembelajaran Daring Mapel PJOK

Modifikasi teknik memukul dengan cara bola digantung yang bertujuan untuk mengupayakan ketepatan memukul bola dengan proses memukul bola yang benar dapat menjadi solusi dalam meningkatkan ketrampilan memukul bola. Dengan demikian siswa dapat memukul bola sejauh mungkin dan dapat melewati tiang hinggap dengan cepat serta dapat kembali ke tempat hinggap awal untuk mendapatkan poin sebanyak mungkin. Siswa juga fokus pada kerjasama team dan dapat belajar dengan menggembirakan serta mampu membuat siswa aktif.

Berdasarkan uraian diatas diharapkan siswa dapat melakukan permaianan kasti dengan mahir. Permainan bola digantung juga dapat menumbuhkan sikap – sikap siswa, antara lain motivasi, disiplin, sportivitas, keleluasaan bergerak, menyenangkan dan berkompetitif dalam pelaksanaan permainan kasti. (ips2/ton)

Baca juga:  Meningkatkan Keselamatan di Jalan Raya melalui Daring Asingkron PJOK

Guru SD Negeri Pleburan 03 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya