alexametrics

Pembelajaran Matematika dengan Sersan Danang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEBENARNYA hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran matematika secara daring. Guru dapat menerapkan metode pembelajaran mandiri, diskusi online maupun penugasan. Sebagaimana di SMPN 1 Boja, Kendal, penulis menyampaikan metode Sersan Danang dalam pembelajaran matematika. Yakni pembelajaran Serius Santai dengan Daring dan Menyenangkan.

Serius dapat diartikan kesungguh-sungguhan. Mulai dari tahapan perencanaan yang dilakukan oleh guru maupun oleh peserta didik dalam pelaksanaannya. Santai artinya terbebas dari rasa ketegangan. Peserta didik dalam pembelajaran dibebaskan dari ketegangan dan tertekan. Guru memposisikan sebagai tutor sebaya dalam membantu segala permasalahan peserta didik dalam pembelajaran. Daring artinya dalam jaringan berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Menyenangkan artinya proses penyampaian materi pembelajaran guru menggunakan metode atau cara tertentu dengan tepat sehingga membuat hati peserta didik menjadi senang.

Baca juga:  Orang Tua Berperan dalam Pendampingan Perkembangan Masa Remaja

Sedangkan prinsip-prinsip pelaksanaan pembelajaran matematika dengan metode Sersan Danang di masa Pandemi Covid-19, pertama, prinsip bermakna artinya materi pembelajaran matematika secara daring yang dilaksanakan diharapkan berhubungan dengan kehidupan keseharian peserta didik. Keterampilan guru dalam mengelola materi yang dikaitkan dengan kehidupan di sekitar peserta didik memegang penanan penting. Hal ini supaya peserta didik mengerti dan tertarik bahwa apa yang sedang dipelajari adalah sangat bermanfaat, bermakna dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, prinsip sistematis artinya penyajian materi dalam pembelajaran dimulai dari materi yang mudah ke sulit, dasar ke tinggi, dan sederhana ke kompleks. Untuk memudahkan pemahaman peserta didik, hendaknya materi disusun secara bertahap dengan memberikan contoh yang mendukung dan memperjelas peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Ketiga, prinsip berbasis aktivitas peserta didik artinya dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik dilibatkan secara optimal dalam tahapan-tahapan pembelajaran secara daring, mulai dari awal sampai akhir terutama dalam hal proses interaksi dan evaluasi pembelajaran. Kegiatan pembelajaran didesain secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, serta memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Keempat, prinsip belajar menyenangkan artinya bahwa dalam proses pembelajaran seorang guru diharapkan tidak membuat peserta didik takut salah, takut ditertawakan, takut dianggap diremehkan oleh peserta didik lainnya dengan diselingi kegiatan bermain atau kegiatan yang lain yang membuat anak merasa nyaman dan senang dalam belajar.

Baca juga:  Pembelajaran Program Linear Seru dengan TPS

Berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran tersebut, maka guru dalam merancang pembelajaran matematika dengan metode Sersan Danang, harus memperhatikan beberapa, pertama, perencanaan pembelajaran hendaknya disusun secara matang dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang ada dalam situasi pembelajaran daring. Orientasi dalam desain perencanaan menekankan pada ketercapaian tujuan pembelajaran, bagaimana mendesain materi pembelajaran, model aktivitas pelibatan peserta, serta evaluasi pembelajaran dijalankan. Kedua, model pembelajaran yang digunakan hendaknya menyenangkan dan memperhatikan aspek keterlibatan peserta didik. Pelibatan aktivitas peserta didik dalam suasana yang menyenangkan dalam suasana pembelajaran akan menyebabkan komunikasi pembelajaran akan berjalan dua arah dan proses pembelajaran menjadi hidup. Dalam hal ini, guru lebih berperan sebagai motivator dan fasilitator serta tutor sebaya bagipeserta didik. Ketiga, evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara kontinyu. Selama proses pembelajaran guru melaksanaan evaluasi proses pembelajaran dengan melakukan analisis permasalahan dalam setiap tahapan pembelajaran. Evaluasi akhir dilaksanakan oleh guru dengan melakukan refleksi terkai dengan pelaksanaan pembelajaran daring, post test serta pemberian reward (penghargaan). (dj1/ida)

Baca juga:  PJJ Anti Garing dengan Ice Breaking

Guru SMPN 1 Boja, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya