alexametrics

Menggambar Bentuk Objek Benda Mati dengan Cahaya dan Kamera

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENGGAMBAR bentuk merupakan kegiatan menggambar dengan meniru objek secara objektif sesuai keadaan sebenarnya dan mengutamakan kemiripan rupa. Menggambar objek benda digambar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya baik bentuk, tekstur, warna dan gelap terangnya yang dibuat dengan memperhatikan ketepatan bentuk, proporsi, komposisi serta perspektif sehingga menghasilkan karya yang indah. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum Seni Budaya kelas X KD 4.1 Membuat karya seni dua dimensi menggunakan berbagai media dan teknik dengan melihat model. guru memberikan suatu strategi agar peserta didik dapat lebih mudah dalam membuat karya berupa gambar bentuk dengan meniru objek benda yang ada di sekitarnya karena selama ini peserta didik hanya meniru contoh gambar bentuk yang ada di internet tanpa memahami konsep menggambar bentuk.
Bentuk benda yang ada di alam sangat beragam jenis maupun coraknya yang dapat dijadikan inspirasi menggambar bentuk. Bentuk tiga dimensi terdiri dari beberapa bentuk yaitu bentuk kubisme contohnya meja, kursi, kulkas kubus, balok lemari, bak sampah, dan lain-lain. Bentuk silinder atau tabung seperti teko, botol, gelas, kaleng, dan lain-lain. Bentuk bebas, bentuknya bebas tidak beraturan contohnya batu, buah, bunga, daun dan lain-lain. Bentuk piramid dan kerucut, contohnya piramid Mesir, kubah masjid, terompet dan lain-lain. Bentuk bulat, oval contohnya bola, globe, telur dan lainnya.

Baca juga:  Kreativitas Pembelajaran Ragam Hias di Masa Pandemi

Menggambar bentuk berbeda dengan menggambar ilustrasi berdasarkan imajinasi atau ekspresi. Menggambar bentuk ada ketentuannya yaitu melihat model objek yang dijadikan acuan menggambar. Menggunakan model berarti menggambar bentuk terfokus pada objek yang digambar, membutuhkan pengamatan, ketelitian, dan pemahaman detail-detail unsur seni rupa sehingga hasil gambar terlihat seperti bentuk aslinya dan mencermati bagian-bagian yang terkena sinar matahari (gelap-terangnya) sehingga bayangan, gelap terang benda dapat digambar sesuai wujud nyatanya. Hal-hal inilah yang belum dipahami oleh peserta didik dalam menggambar bentuk dan merasa kesulitan dalam meniru objek.

Cara mudah untuk menggambar bentuk dengan model benda mati yang diajarkan di MAN 3 Sleman yaitu pertama memilih objek benda yang akan dijadikan model, letakkan objek benda ditempat yang datar. Kedua; pancarkan cahaya ke objek dapat bersumber dari lampu senter, lampu HandPhone, cahaya matahari atau cahaya penerangan yang lain. Pilihlah arah pencahayaan yang diinginkan bisa dari arah kanan, kiri, atas, atau bawah yang akan menentukan nilai gelap terang pada benda dan bentuk bayangan yang akan ditimbulkan. Ketiga; setelah ditentukan posisi objek sesuai keinginan kemudian diambil gambarnya atau difoto dengan kamera Handphone atau kamera yang lain. Di sini peserta didik akan asyik mencoba-coba memberikan cahaya pada benda dan mengetahui efek dari arah pencahayaan tersebut serta memilih posisi objek yang akan difoto agar hasilnya mudah untuk ditiru. Hasil foto tersebut dijadikan model dan acuan untuk menggambar bentuk kemudian menggunakan media kertas gambar A3, pensil 2B dengan teknik arsir.

Baca juga:  Mudah Belajar Materi BRSL dengan Metode Falmus Pagu

Dari hasil eksperimen memberikan cahaya pada objek akan menentukan jatuhnya cahaya ke objek benda, yang menentukan juga nilai gelap terang dan bentuk bayangan objek benda. Benda yang terkena banyak cahaya akan terlihat lebih terang dan diarsir dengan tipis, sedangkan benda yang jauh dari cahaya atau sedikit kena cahaya akan terlihat lebih gelap dan diarsir lebih tebal atau diwarnai lebih tua. Posisi mengambil gambar juga akan menentukan bentuk objek dari sudut mana mengambil fotonya. Dari sini peserta didik akan lebih memahami bagaimana cara menggambar bentuk dengan benar, baik bentuknya, proporsinya, komposisinya, dan akan lebih mudah dalam menggambar bentuk dengan melihat model objek benda mati yang dibuatnya sendiri tanpa bingung menentukan nilai gelap terang dan bayangan objek benda. (dar2/zal)

Baca juga:  Penggunaan Microsoft Sway untuk Pembelajaran Seni Patung

Guru Seni Budaya MAN 4 Sleman

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya