alexametrics

Whatsapp Video Call Efektifkan Pembelajaran “Introducing Self”

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TAHUN pelajaran baru 2020/2021 untuk tingkat SMK sudah dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020, pertemuan awal dengan peserta didik yang idealnya dilakukan dengan bertatap muka secara langsung, oleh sebab pandemi yang tak kunjung usai maka harus dilaksanakan melalui daring. Hal ini mungkin tidak akan terlalu sulit jika peserta didik yang kita hadapi adalah kelas XI atau XII karena mereka sudah tidak asing dengan pembelajaran daring yang dilaksanakan pada semester sebelumnya, akan tetapi jika peserta didik kita adalah kelas X maka penulis merasa akan terjadi sedikit kesulitan. Peserta didik kelas X yang nota bene masih menjalani masa peralihan dari jenjang SMP menuju ke jenjang SMK, di mana lingkungan pembelajaran tentu akan berbeda dengan yang sebelumnya, dari guru hingga materi pembelajaran, pastinya akan membutuhkan sedikit penyesuaian, oleh sebab itu penulis tidak ingin mereka merasa terbebani saat melaksanakan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Menulis Procedure Text dengan Discovery Learning

Terdapat beberapa aplikasi pertemuan online yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, sebagai media awal penulis menggunakan whatsapp video call sebagai media pembelajaran untuk materi pelajaran introducing self atau perkenalan jati diri, yang terdapat pada silabus kelas X SMKN 1 Sragi KD 4.1 (Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya ).

Whatsapp adalah salah satu aplikasi pesan untuk smartphone. Penulis menggunakan media ini, karena hampir semua peserta didik menggunakan whatsapp sebagai aplikasi berbalas pesan mereka, jadi mereka tidak perlu untuk mengunduh aplikasi baru. Salah satu fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini, selain untuk berbalas pesan secara tertulis adalah, pengguna bisa menggunakannya untuk melakukan Video call. Kita bisa memanfaatkan video call whatsapp untuk berkomunikasi dengan 4 sampai 8 orang secara langsung. Penulis menggunakan whatsapp video call untuk materi introduction, dimana materi ini adalah materi awal, dimana peserta didik harus memperkenalkan diri dan keluarganya.

Baca juga:  Think, Pair, dan Share Dongkrak Minat dan Hasil Belajar Matematika

Langkah awal yang penulis lakukan adalah membuat grup whatsapp kelas, kelas yang penulis ajar adalah kelas X Akuntansi 1. Setelah terbentuk grup kelas, penulis memberikan materi introduction berupa video dan file yang disematkan dalam link whatsapp. Kemudian meminta siswa untuk menyusun teks introducing self mereka sesuai contoh yang diberikan. Penulis memberikan waktu dua minggu kepada mereka untuk menyusun teks tersebut, setelah dua minggu, mereka harus mempresentasikannya melalui video call whatsapp yang terhubung dengan penulis dan 2 peserta didik lain untuk mempersingkat waktu.

Melalui whatsapp video call ini pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk kelas X disemester baru ini bisa berlangsung dengan lancar, mudah diterapkan dan peserta didik tidak merasa terbebani untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang lain. (gm2/zal)

Baca juga:  PJJ English by Whatsapp, Kenapa Tidak?

Guru Bahasa Inggris SMKN 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya