alexametrics

Tetap Sehat dengan Senam Irama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, IMUN tubuh perlu diperhatikan dan dijaga untuk mencegah bahaya Covid-19 yang mungkin menyerang tubuh. Salah satu cara menjaga imun tubuh dapat dilakukan oleh siswa-siswi SMPN 1 Candimulyo Kabupaten Magelang adalah olahraga di rumah dengan senam irama. Olahraga yang cukup dapat membantu proses regenerasi sel imun.

Senam irama merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah. Senam merupakan aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan. Gerakan-gerakan senam irama sangat sesuai untuk dilakukan baik anak-anak maupun orangtua. Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, antara lain kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh.

Menurut Peter H Werner (dalam Muhajir 2007:77), senam dapat diartikan sebagai bentuk latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelentukan, kelincahan, koordinasi. Senam irama merupakan gerakan senam ataupun gerakan bebas yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai dengan irama yang mengikutinya. Unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi, keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan, dan putaran tangan.

Baca juga:  Gembleng Atlet Selam di Kolam Renang

Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Unsur-unsur yang diperlukan dalam senam irama adalah kelentukan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, dan ketepatan. Dengan irama kita perlu menguasai teknik gerakan pada senam irama agar mencapai gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan senam yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan sehingga meningkatkan imun.

Di samping keriangan yang didapatkan dari senam irama, ada beberapa manfaat yang dapatkan antara lain, satu, menguatkan otot. Manfaat senam irama bagi tubuh adalah menguatkan jaringan otot pada tubuh dan membuat otot-otot jadi lebih lentur dan kuat. Dua, memperbaiki bentuk fisik. Senam irama berfungsi untuk mengencangkan otot tubuh, sehingga memberi bentuk fisik tubuh yang proporsional dan bagus. Tiga, Memperbaiki Keseimbangan Fisik. Empat, merawat kesehatan tulang. Saat melakukan gerakan senam irama secara tak langung melatih kekuatan dan kesehatan tulang. Lima, menyehatkan jantung. Orang yang melakukan senam irama cenderung memiliki jantung yang lebih sehat. Enam, mengoptimalkan fungsi otak. Tujuh, menurunkan berat badan. Delapan, mencegah timbulnya penyakit. Manfaat senam irama adalah menjaga tubuh agar senantiasa bugar. Sembilan, membangun kepercayaan diri. Sepuluh, membangun interaksi sosial. Sebelas, memiliki pola hidup aktif. Senam irama akan melatih siswa untuk lebih aktif bergerak sehingga kebugaran tubuh dan kesehatan mental tetap terjaga. Duabelas, menghilangkan stres.

Baca juga:  KONI Jateng Ajukan Rp 35 M untuk Bonus PON

Untuk itu dapat ditegaskan bahwa meskipun dalam keadaan bencana sehingga siswa hanya di rumah saja, namun tidak boleh menyurutkan semangat siswa untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Salam sehat dan salam olahraga!! (gm1/ida)

Guru Olahraga SMPN 1 Candimulyo Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya