alexametrics

Pembiasaan Tanda Bukti Belajar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MOTIVASI belajar merupakan sarana yang sangat penting mendekatkan anak-anak pada buku. Berdasarkan temuan penulis di SD Negeri Wanar 01 masih banyak anak anak yang enggan untuk mengulang kembali pelajaran yang tadi dipelajri di sekolah ketika rumah.Ini terbukti pada keesokan hari jika ditaya anak banyak yang tadinya sudah bisa jadi lupa. Hal ini disebabkan masih rendahnya kesadaran beljar pada diri siswa di rumah. Ini menjadi tantangan bagi penulis bagaimana caranya agar bisa menumbuhkan minat belajar di rumah bagi siswa.

Peran keluarga dan sekolah sangat penting dengan upaya mengenalkan pentingya belajar di rumah untuk mengulang apa yang tadi di ajarkan oleh guru pada siswa agar mereka tidak sekadar membaca tetapi menjadikan kegiatan belajar sebagai budaya atau kebiasaan sehari-hari. Pertama peran keluarga (ayah dan ibu) untuk melakukan pembiasaan belajar pada diri siswa. Dengan demikian pembiasaan menjadi sangat penting bagi keseharian siswa. Selain itu orang tua harus mengenalkan, membimbing, dan mengarahkan siswa terbiasa dengan jam-jam belajar . Tentu ditunjang dengan pembiasaan orang tua untuk melakukan gerakan mematikan televisi pada jam belajar.

Baca juga:  Pemanfaatan Android dalam Proses Penilaian Pembelajaran

Kedua faktor yang menunjang pengembangan budaya belajar adalah sekolah juga orang tua muird dengan gerakan mematikan televise juga menonaktifkan handphone. Hal ini membuktikan pentingnya kolaborasi antara orang tua siswa dengan pihak pedidik sebagai ekosistem kunci dalam upaya meningkatkan pembiasaan belajar sebagai sarana sebelum proses pembelajaran disekolah.
Kami selaku pendidik di sekolah yang letaknya di pedesaan bahkan bisa dibilang dipelosok jauh dari bimbel-bimbel yang sudah marak di kota-kota dengan begitu kami mengambil tindakan dengan mengadakan pebiasaan belajar di rumah dengan bukti. Karena kami yakin siswa tanpa dipaksa untuk belajar tidak akan mau untuk belajar di rumah, dengna dipaksa lama kelamaan akan menjadi kebiasaan untuk melakuakan. Pembiassan tersebut kami sebut dengan pembiasaan TBB (Tanda Bukti Belajar).

Baca juga:  PJJ Lewat Google Form Tingkatkan Prestasi Belajar IPS di Masa Pandemi

Dengan Pembiasaan TBB guru setiap pagi sebelum KBM berlangsung melihat hasil belajar siswa dirumah dengan memberikan paraf melihat apa yang dipelajari siswa semlam,Dengan melihat apa yang dipelajari siswa semalam tentu kami sudah bisa memahami sampai dimana siswa belajar tentunya sesuai dengan materi yang ada pada RPP sehingga menjadikan efektif dalam waktu dan sasaran untuk tepat guna pada materi.

Pada saat liburan siswa tetap membuat pembiasaan TBB dengan waktu satu miggu dua kali membuat pembiasaan TBB dengan demikan siswa tetap belajar walau di susasana liburan tentunya dengan matrei belajar tentang liburan yang dilakukan siswa sebagai contoh dikelas atas dengan menulis cerita sepanjang liburan dan di kelas rendah dengan membuat gambar tentang apa yang dilihat selama liburan.

Baca juga:  MOJIG Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Manfaaat peran keluarga dan sekolah bagi siswa sangat penting dalam menumbuhkan semangat beljar dan para siswa menjadi suka buku. Dengan keteladanan membaca dari orang tua dan guru membuat siswa cenderung akan meniru, dan akan menjadi budaya belajar dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut akan berdampak langsung pada hasil prestasi belajar siswa di sekolah. (gm1/zal)

Guru Kelas IV SDN Wanar 01, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya