alexametrics

Pembelajaran Penyajian Data Asyik melalui Praktik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang teknik pengumpulan data, pengolahan data, penarikan kesimpulan, serta pembuatan kebijakan atau keputusan yang cukup kuat alasannya berdasarkan data dan fakta yang benar (Riduwan, 2003:3). (Fachrurrozi, 2010) mengatakan statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial misalnya sosiologi dan psikologi, maupun di bidang bisnis, ekonomi, dan industri. Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal.

Kendala yang masih banyak dirasakan oleh para guru dalam mengajar bab statistika antara lain cara penyajian pelajaran matematika yang monoton dari konsep abstrak menuju konkrit, tidak membuat anak senang belajar. Urutan materi bahan ajar selama ini dilakukan guru terpatri dengan kebiasaan sebagai berikut: (1) diajarkan teori/teorema/definisi (2) diberikan contoh-contoh (3) diberikan latihan soal. Hal ini menyebabkan guru mendominasi kegiatan belajar mengajar, sementara siswa hanya menjadi pendengar dan pencatat yang baik. Hal ini menyebabkan kurangnya antusias siswa untuk belajar, siswa lebih cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru dan jarang sekali mengemukakan pertanyaan maupun pendapat.

Baca juga:  Metode PjBL dengan Project Pembuatan Video Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Di dalam bidang pendidikan, kita pernah mendengar sebuah teori atau sebut saja sebuah metode ‘belajar sambil melakukan’- learning by doing .Teori dan metode tersebut pertama kali dikenalkan oleh seorang filosof asal Amerika Serikat, yaitu John Dewey. Dalam teori dan metodenya ini, ia berpendapat bahwa untuk mempelajari sesuatu, tidak perlu orang terlalu banyak mempelajari itu. Dalam melakukan apa yang hendak dipelajari itu, dengan sendirinya ia akan menguasai gerakan-gerakan atau perbuatan-perbuatan yang tepat, sehingga ia bisa menguasai hal yang dipelajari itu dengan sempurna.

Pada materi statistik penyajian data kelas VII di SMP Negeri 4 Kutasari, guru mencoba menyajikan pembelajaran dengan cara praktik. Pertama, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota empat sampai lima orang urut berdasarkan nomor absen. Hal ini dilakukan supaya mempermudah siswa saat pengambilan data. Guru sudah menyiapkan lembar kerja mengenai data yang diminta ke masing-masing kelompok yang isinya masalah sederhana sehari-hari siswa seperti pelajaran favorit, makanan favorit warna favorit dan sebagainya. Pada awal pembelajaran guru melakukan apersepsi dengan menanyakan siswa apakah pernah melihat informasi yang disajikan dalam bentuk diagram batang, garis ataupun lingkaran dan sebagian besar siswa sudah pernah melihatnya.

Baca juga:  Teknik Cetak Tinggi Menggunakan Bahan Wortel

Kemudian guru memaparkan kegiatan yang akan dilalui oleh siswa. Setelah itu, guru mengundi siswa untuk memperoleh lembar pertanyaan yang akan diambil datanya. Dari masing-masing kelompok ada satu siswa yang bertugas sebagai pengambil data kemudian mereka secara bergantian mengambil data dari seluruh siswa. Setelah data diperoleh, maka masing-masing kelompok berdiskusi membuat tabel distribusi frekuensi, diagram batang dan diagram lingkaran. Guru hanya membimbing jika ada lelompok yang mengalami kesulitan. Setelah itu masing masing kelompok memasang data hasil diskusi serta mempresentasikan didepan kelas. Guru memberikan penguatan. Dan secara bersama sama merangkum kegiatan pada hari itu. Pada akhir pembelajaran guru memberikan tuigas untuk mengamati data pengunjung perpustakaan dalam waktu satu minggu ke depan dan disajikan dengan diagram.

Baca juga:  Bernalar Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran IPA

Dengan pembelajaran praktik ini diharapkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran serta lebih paham dalam penyajian data. Dan yang terpenting dengan pembelajaran ini siswa memperoleh pengalaman-pengalaman seperti saat pengambilan data berdiskusi serta menyajikan data tersebut sampai dengan mempresentasikan hasil kerja mereka. (gm2/aro)

Guru Matematika SMP Negeri 4 Kutasari

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya