alexametrics

Tingkatkan Hasil Belajar Asmaul Husna melalui Snowball Throwing

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ILMU Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai dasarnya adalah Alquran dan Sunah. PAI merupakan bimbingan menjadi muslim yang tangguh dan mampu merealisasikan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi manusia yang berakhlak mulia. Agama Islam menganjurkan kepada umatnya untuk mengenal nama-nama Allah yang mulia. Ada 99 nama-nama baik dan mulia yang disebut dengan Asmaul Husna. Nama-nama yang mulia ini menandakan sifat yang dimiliki Allah SWT.

Umat Islam sangat dianjurkan membaca bahkan menghafal Asmaul Husna agar hidup selalu berkah, terlindungi, mendapatkan pahala, juga akan mengetahui kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Sebagaimana dalam Alquran surat Al-A’raaf:180 yang artinya, “Allah memiliki Asmaul Khusna (nama-nama yang baik), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asmaul Khusna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya, mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.”

Baca juga:  Belajar Pecahan Lebih Mudah melalui Blok Pecahan

Dalam kegiatan belajar mengajar untuk membantu siswa mudah dalam memahami dan menghafal Asmaul Khusna, maka siswa harus ikut terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Terutama di MAN 5 Sleman menggunakan metode snowball throwing (ST).
Metode snowball throwing adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana siswa dibentuk dalam beberapa kelompok yang heterogen, kemudian dipilih ketua kelompoknya untuk mendapat tugas dari guru, masing-masing siswa yang membuat petanyaan yang dibentuk seperti bola lalu dilempar ke siswa lain. Siswa yang mendapat lemparan kertas harus menjawab pertanyaan dalam kertas yang diperolehnya. Kegiatan melempar bola pertanyaan ini akan membuat suasana kelas dan kelompok menjadi dinamis dan menarik. Kegiatan siswa tidak hanya berpikir, menulis, bertanya atau berbicara, akan tetapi melakukan aktivitas fisik yaitu menggulung kertas dan melemparnya pada siswa lain. Dengan demikian, tiap anggota kelompok akan mempersiapkan diri karena pada gilirannya siswa harus menjawab pertanyaan dari temannya yang terdapat dalam bola kertas tersebut.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar IPS Menggunakan Model Picture and Picture

Langkah-langkah pembelajaran dengan metode Snowball Throwing, menurut Miftahul Huda M.Pd.I (2019:227) adalah, 1) guru menyampaikan materi yang akan disajikan. 2) Guru membentuk kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan meteri yang disampaikan oleh guru. 3) Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya untuk menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru. 4) Masing-masing siswa diberi satu lembar kertas kerja untuk menulis satu pertanyaan sesuai dengan materi yang dibahas. 5) Siswa membentuk kertas tersebut seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain. 6) Siswa yang mendapat satu bola diberikan kesempatan untuk menjawab pertayaan yang tertulis. 7) Guru mengevaluasi dan menutup pelajaran.

Baca juga:  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Asmaul Husna melalui Metode Market Place

Kelebihan dari metode ini melatih kesiapan siswa dan saling memberikan pengetahuan, peserta didik juga antusias, perhatian dan juga semangat yang tinggi dalam mempelajari materi tentang Asmaul Khusna bisa dengan mudah dan menyenangkan dibuktikan dengan perolehan hasil belajar peserta didik yang lebih baik. (ips1/ida)

Guru MAN 5 Sleman DI Jogjakarta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya