alexametrics

Pembelajaran IPS secara Daring Mudah Dipahami dengan Microsoft Teams

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TANPA terduga kita menghadapi situasi yang serba sulit yaitu pandemi global menyebarnya virus covid-19 yang muncul sejak akhir tahun 2019. Bermula dari kota Wuhan China, virus tersebut menyebar begitu cepat tanpa disadari oleh orang-orang yang terjangkit dan menulari orang lain. Indonesia juga terkena penyebaran virus mematikan tersebut, baik karena datangnya orang luar negeri ke Indonesia ataupun karena orang Indonesia yang bepergian ke luar negeri. Sehingga pada bulan Maret 2020 kita sudah sangat merasakan dampak penyebaran virus covid-19 yaitu makin banyaknya orang Indonesia yang tertular virus covid-19. Atas keadaan tersebut pemerintah mengambil kebijakan, salah satunya adalah sistem pembelajaran jarak jauh dengan tujuan untuk menghindari penularan virus covid-19.

Waktu itu SMP Negeri 12 Semarang sedang melaksanakan PTS dan baru berlangsung satu hari. Kebetulan sudah beberapa tahun SMP Negeri 12 Semarang menyelenggarakan penilaian berbasis android menggunakan office 365 maupun CBT. Jadi untuk melanjutkan PTS dari rumah masing-masing tidak menjadi masalah bagi peserta didik. Namun ketika PTS usai, pembelajaran tetap harus dilakukan secara daring di rumah masing-masing. Hal inilah yang menyebabkan penulis masih kesulitan untuk menyesuaikan diri. Penulis masih melakukan pembelajaran menggunakan WA group yang begitu terbatas dan belum dapat berkomunikasi langsung secara maksimal dengan peserta didik.

Baca juga:  Efektivitas WAG pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi

Oleh karena itu, penulis mengikuti berbagai pelatihan berkaitan dengan pembelajaran jarak jauh. Pada pembelajaran IPS tahun ajaran 2020/ 2021 ini, penulis menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh terutama kelas 9A sampai 9D dan kelas 8E sampai 8H SMP Negeri 12 Semarang dengan menggunakan Microsoft Teams. Pada Microsoft Teams penulis dapat membuat channel apa saja yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring, seperti link meeting yang digunakan untuk masuk ke video conference, materi, tugas, diskusi, dan seterusnya. Melalui vicon terjadi komunikasi interaktif yang memungkinkan dua pihak atau lebih di lokasi yang berbeda.

Video conference menjadi salah satu alternatif yang penulis pertimbangkan untuk dipakai dalam pembelajaran daring karena dapat terjalin komunikasi langsung antara guru dengan seluruh peserta didik, walaupun secara fisik tidak bertemu di satu tempat yang sama. Melalui vicon penulis juga dapat menayangkan PPT dan menjelaskan materi lebih detail kepada peserta didik. Melalui vicon penulis dapat mengetahui aktifitas peserta didik dalam pembelajaran daripada menggunakan WA saja. Vicon juga dapat sebagai pengobat rindu peserta didik kepada gurunya dan teman-temannya dengan melihat wajah dan mendengar suaranya.
Pada Microsoft Teams kita dapat membuat channel apa saja yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring. Penjabaran materi pada channel materi dapat disertakan file PPT atau video pembelajaran yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan memperdalam pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Agar lebih bervariasi dan menghemat kuota peserta didik, vicon tidak diselenggarakan terus-menerus pada setiap pembelajaran. Diskusi dapat dilakukan secara tertulis pada channel diskusi kelas. Dari channel tersebut guru membuat channel kelompok untuk memberi kesempatan peserta didik dalam menyampaikan pendapatnya secara leluasa. Kesepakatan kelompok ditampilkan pada channel diskusi kelas, lalu ditanggapi oleh kelompok lain. Pemberian tugas dan pengumpulannya disediakan pada channel tugas. Microsoft Teams juga dapat digunakan untuk menyelenggarakan ulangan dengan form kuis.

Baca juga:  Materi Integrasi Sosial Lebih Efektif dengan Metoda PBL WAG

Dengan kondisi darurat yang masih harus berada di rumah supaya terhindar penularan virus covid-19, Microsoft Teams menjadi salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring yang lebih efektif dan menarik. Pelayanan pendidikan kepada peserta didik diharapkan tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar pada masa pandemi ini. Semoga pandemi segera berakhir dan pembelajaran tatap muka langsung dapat dilakukan secara normal seperti sebelumnya. (ips2/zal)

Guru IPS SMPN 12 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya