alexametrics

Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Metode Guessing Games

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Speaking bagi kebanyakan orang dianggap keterampilan paling sulit karena meliputi banyak aspek dari kemampuan berbahasa Inggris, antara lain pronunciation, listening, grammar dan vocabulary sekaligus (Yanto,2015). Namun sesungguhnya yang diperlukan hanyalah keberanian dan motivasi yang besar untuk bisa berbicara bahasa Inggris.

Metode pembelajaran yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris sangatlah beragam. Berbagai cara dan metode bisa dilakukan untuk mempelajari bahasa Inggris. Tidak ada batasan dalam melakukan kegiatan pembelajaran.

Seorang guru juga harus memiliki keahlian untuk memikat murid dalam mempelajari materi yang diajarkan. Seorang guru juga harus menentukan tujuan yang tepat dalam proses belajar mengajar supaya dalam proses belajar mengajar menjadi menyenangkan dan terarah.

Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran akan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk melibatkan siswa dalam aktifitas pembelajaran adalah metode permainan.

Baca juga:  Mudah Belajar Asking and Giving Opinions melalui Toilet Paper Game

Guessing game adalah sebuah permainan yang mana individu atau sebuah tim mencoba menjawab sebuah pertanyaan yang telah diberi beberapa kata kunci yang berkaitan dengan kata tersebut. Ini dapat memberi kesempatan bagi murid yang malu dan merasa kurang aktif untuk turut belajar melalui permainan sehingga mereka akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu penulis telah mencoba menggunakan metode guessing game yang diterapkan dalam pembelajaran teks descriptive di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Godong dengan tujuan untuk merangsang kemampuan berbicara siswa, sehingga berani untuk berbicara sekaligus meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Descriptive text adalah jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan benda, tempat, manusia, hewan, dan lain-lain. Tujuan komunikatif dari teks ini adalah untuk menggambarkan dan mengungkapkan ciri-ciri benda, tempat, dan mahluk hidup tertentu.

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris Asyik dengan Games dan Puzzle

Dalam menyampaikan materi ini penulis telah menyiapkan materi yang akan diajarkan, dimana sebelumnya memberi sedikit ice breaking untuk mendapatkan perhatian siswa dan dilanjut memancing siswa dengan beberapa pertanyaan. Ini berguna memancing siswa berbicara dan mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam bahasa Inggris. Setelah selesai melakukan pemanasan tersebut maka penulis dapat mengetahui keadaan siswa. Pada pertemuan sebelumnya siswa sudah diberi bekal tentang penjelasan descriptive text, tentang menjelaskan binatang. Penulis menjelaskan kembali tentang materi descriptive, sebelum memulai permainan.

Sebelum memulai guessing game penulis membagi mereka menjadi kelompok. Setelah itu, penulis menjelaskan guessing game. Meminta satu perwakilan masing-masing kelompok untuk berdiri di depan menghadap anggota kelompoknya. Siswa yang berdiri ini tidak boleh menoleh ke papan tulis. Penulis menuliskan satu kata binatang dan meminta anggota kelompok menyebutkan ciri-ciri dari binatang tersebut. Kemudian memberi kesempatan anggota kelompok yang berdiri di depan kelas menebak binatang yang dimaksud. Siswa yang dapat menebak pertama kali dan jawabannya benar, mendapat skor untuk kelompoknya. Setelah itu penulis meminta anggota lain untuk bergantian berdiri, lakukan seperti prosedur sebelumnya.

Baca juga:  Pemanfaatan Barang Bekas dalam PJJ Matematika

Siswa terlihat merasa lebih rileks dalam mengikuti pelajaran, sehingga pelajaran tersebut akan mudah masuk, lebih menyenangkan dan juga memperkaya vocabulary. Pembelajaran menggunakan game akan menstimulus siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris. (ips2/ton)

Guru Bhs Inggris SMA Negeri 1 Godong

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya