alexametrics

Belajar Geografis Indonesia Asyik dengan Eclipse Crossword

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Rasa bosan dan jenuh sering kali muncul ketika anak-anak belajar dengan metode yang itu-itu saja. Karena itu, sebagai pengajar penulis harus lebih kreatif menciptakan metode yang menyenangkan dan mudah diterima oleh peserta didik supaya tidak bosan belajar di kelas. Salah satu upaya untuk memperbaiki cara mengajar dan meningkatkan minta belajar siswa adalah dengan cara belajar aktif (active learning ), di mana guru maupun siswa sama-sama aktif dalam proses belajar mengajar. Strategi ini dirancang dengan melibatkan siswa secara langsung pada pembelajaran untuk membangun minat, memunculkan keingintahuan, serta merangsang berpikir siswa.

Salah satu strategi active learning adalah permainan. Permainan mempunyai fungsi pendidikan dan perkembangan karena memampukan anak untuk mengendalikan perilaku mereka dan menerima keterbatasan di dunia nyata, serta melanjutkan perkembanagn ego dan pemahaman atas realitas. Selama proses pembelajaran, guru dituntut terampil dalam mengkaitkan kegiatan pembelajaran dengan konsep-konsep yang harus disajikan dalam suasana yang menyenangkan. Permainan selalu menjadi bagian dari alat yang digunakan guru sebagai teknik pembelajaran (Miller, 2008:5). Bagi peserta didik di SD, suasana yang menyenangkan akan tercipta bila mereka belajar sesuai dengan dunia mereka, yaitu dunia bermain.

Baca juga:  Tingkatkan Minat Menulis Cerpen dengan  STAD

Salah satu alternatif untuk menciptakan kegiatan belajar-mengajar yang asyik menyenangkan adalah menggunakan salah satu aplikasi eclipse crossword, aplikasi ini dapat membantu kita membuat teka teki silang atau yang lebih familiar sering kita dengar dengan istilah TTS. Permainan TTS termasuk permainan yang sampai sekarang masih digemari. Pada beberapa mata pelajaran yang membutuhkan banyak hapalan seperi IPA, IPS, PPKn penggunaan aplikasi aclipse crossword dapat diaplikasikan. Seperti di kelas V SDN 1 Sukomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal pada pembelajaran tema satu subtema satu: Organ Gerak Hewan dan Manusia, pada muatan materi IPS yaitu KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.

Baca juga:  DL Metode Tepat Menulis Tembang Macapat

Dengan penugasan kelompok yang diberikan oleh guru menggunakan teka teki silang pada muatan materi IPS dapat memunculkan kegiatan belajar yang menyenangkan bagi siswa. Dapat dilihat dari antusiasme anak-anak dalam mengisis teka teki silang, mereka mencoba menebak dan menerka jawaban yang akan diisikan apakah jumlah huruf sesuai atau pas dengan jumlah kotak-kotak yang tersedia.

Kegiatan kelompok dan partisipasi dalam diskusi serta sikap reaksi siwa dalam kelompoknya menunjukkkan kategori aktif. Demikian juga keterampilan proses siswa secara individu menunjukkan kategori terampil untuk mengungkapkan pendapat, menjawab pertanyaan dan memberikan kesempatan teman untuk berusaha menyelesaikan soal dengan sebaik-baiknya.

Adapun hasil belajar dengan media aplikasi aclipse crossword di mana penyampaian pembelajaran dengan metode yang menarik menjadikan siswa aktif, karena ada unsur permainan yang menyenangkan. Dikatakan bahwa pengaruh keaktifan siswa cukup besar terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian pembelajaran IPS dengan menggunakan aplikasi aclipse crossword dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan dapat mempengaruhi siswa menjadi aktif dalam belajar. Sehingga hasil belajar menjadi sangat memuaskan. (ips2.1/aro)

Baca juga:  BRI Bawa Nasabah Affluent Hadiri World Superbike Championship

Guru Kelas V SD Negeri 1 Sukomulyo, Kaliwungu Selatan, Kab. Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya