alexametrics

Mudah Belajar Kosakata Bahasa Inggris melalui Classroom Q

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar bahasa tak lepas dari belajar untuk menguasai kosakata, termasuk dalam belajar bahasa Inggris. Penguasaan kosakata (vocabulary) penting karena kosakata merupakan dasar untuk menyusun sebuah kalimat. Kalimat-kalimat yang tersusun lewat kosakata akan menjadi media komunikasi dalam berbahasa. Baik komunikasi secara lisan maupun tertulis.

Pada siswa kelas 7 semester 2 SMP Negeri 3 Patebon, memerlukan banyak penguasaan kosakata dalam pembelajaran. Karena materi pada semester 2 meliputi materi tentang pendiskripsian orang, binatang, tempat, dan benda. Siswa diharuskan untuk menguasai kosakata-kosakata yang berhubungan dengan materi tersebut.

Pembelajaran pada kelas 7 semester 2 sudah berlangsung sejak bulan Januari sampai pertengahan Maret. Setelah itu, siswa diwajibkan untuk belajar di rumah karena adanya pandemi Covid-19. Hal tersebut menjadi kendala bagi guru dan siswa dikarenakan materi pembelajaran belum selesai. Belajar di rumah merupakan solusi belajar di tengah pendemi yang sedang berlangsung meski guru tidak bisa mengawasi siswa secara langsung. Padahal masih ada banyak kosakata yang harus dikuasai siswa agar materi pembelajaran tentang descriptive text dapat berjalan dengan lancar. Guru harus memutar otak supaya materi dapat dikuasai oleh siswa dengan cara yang efektif dan menyenangkan.

Baca juga:  Pembelajaran Label Asyik melalui Media Realia

Cristina Cabal dalam artikelnya yang berjudul Teaching Online? An Engaging Little Tool you and your Students are Gonna Love memperkenalkan sebuah pembelajaran online yang menyenangkan bagi siswa. Siswa akan mengikuti pembelajaran secara aktif dan efektif. Pembelajaran itu melalui Classroom Q. Pembelajaran tersebut bertujuan untuk memudahkan guru membuat ruang kelas yang lebih mudah dan teratur dalam bentuk online.

Adapun langkah penggunaannya. Pertama, guru mengunjungi dan mengakses classroomq.com. Setelah itu, guru dapat mendaftar pada situs tersebut. Kemudian, guru menekan Start pada tampilan untuk mendapatkan kode kelas. Kedua, guru membagi kode kelas kepada siswa yang akan mengikuti kelas online tersebut. Ketiga, siswa memasukkan kode kelas dan nama lengkap masing-masing. Keempat, siswa dapat menekan Play Sound pada tampilan supaya guru dapat mendengarkan siswa. Kelima, guru memberi siswa penugasan lewat papan pada tampilan. Penugasan sesuai dengan materi pembelajaran. Setelah itu, guru dapat meminta siswa untuk berkomentar dengan menekan Show Comment. Selain itu, guru meminta siswa untuk menekan Assistance Needed jika siswa sudah melengkapi tugas yang diberikan. Siswa dapat menekan Cancel apabila mereka membuat kesalahan jawaban. Setelah itu, mereka dapat menuliskan jawaban ulang. Keenam, guru dapat menekan Clear Queue pada tampilan untuk membersihkan papan dan memberi penugasan baru kembali kepada siswa. Pada papan akan tampil jawaban dan komentar dari siswa. Guru hanya dapat melihat 5 siswa pada tampilan. Setelah guru memberikan feedback kepada 5 siswa, guru dapat menekan 2 kali untuk melihat 5 siswa yang lain, dan begitu seterusnya. Ketujuh, guru dapat menekan End Session jika pembelajaran sudah berakhir.

Baca juga:  Tumbuhkan Entrepreneurship dengan Menganalisa Peluang Usaha Barang dan Jasa

Classroom Q merupakan tempat pembelajaran online yang menyenangkan dan efektif bagi siswa. Siswa akan termotivasi dalam pembelajaran dan tidak merasa jenuh meskipun mereka hanya belajar di rumah. (gm2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Patebon Kab. Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya