alexametrics

Dampingi Siswa Paud saat Belajar di Rumah dengan Grup Kelas Orang Tua

Oleh: Siti Muamaroh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMERINTAH pimpinan Bali yang sudah masuk tatanan kehidupan baru. Namun untuk mengatasi bertambahnya virus covid 19 tetap akan memperlakukan pembelajaran sistem online (dalam jaringan/daring). Antara guru dan siswa. Untuk itu peran orang tua sangat penting dalam mendampingi tumbuh kembang anak-anak dalam kehidupannya. Sebagai peran guru sehingga menjadi putra-putri yang berkarakter, baik budi pekerti dan memiliki etika berbudi luhur. (17-7-2020)

Keluarga sebagai wahana pertama dan utama dalam pendidikan karakter anak, sehingga peran dan fungsi keluarga menjadi sangat penting dan bertanggung jawab terhadap tumbuh kembang anak. Pendidikan keluarga di pandang sebagai pendidikan pertama dan utama. Pemerintah diminta membuat satu pedoman khusus bagi orang tua siswa dalam membimbing anaknya saat belajar dirumah, pasalnya dalam kegiatan belajar mengajar jarak jauh ini, peran orang tua sangat penting untuk memberikan pemahaman pada siswa. Tidak sedikit orang tua yang belum memiliki pemahaman cara membimbing anaknya saat belajar dirumah. Terlebih penting kedua orang tua yang berkerja, karena tidak dipungkiri setiap orang tua siswa memiliki pemahaman cara membimbing mereka.

Baca juga:  Belajar Tematik Asik dengan Ceramah dan Tebak-Tebakan

Maka dari itu TK Kartika III-40 Desa Penyangkringan. Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, memandang perlu dan memberikan wadah atau tempat berbagi ilmu yaitu membetuk kesah bagi orang tua siswa yang bertujuan memberikan ilmu tentang pemahaman bagaimana cara membimbing anak saat belajar dirumah, yaitu dengan mencantumkan/mengikutsertakan prang tua siswa mengikuti webinar dengan dipandu oleh kepala sekolah dan dewan guru atau juga kita memberi link youtube tentang pembelajaran pendamping orang tua. Di grup orang tua siswa kita sering mengadakan kegiatan tanya jawab tentang bagaimana cara mendampingi siswa dengan baik dan benar. Kegiatan di atas yang menjawab tidak hanya guru dan kepala sekolah tapi semua orang tua siswa berhak menanyakan dan menjawab. Di grup putra-putri kelas orang tua ini masih ada kekurangan dan kelebihannya. Tetapi pihak orang tua merasa terbantu sekali untuk bagaimana cara membimbing anak belajar dirumah. (ips1/zal)

Baca juga:  Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok

Guru TK Kartika III-40, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya