alexametrics

Listen and Doing Alternative Pembelajaran Teks Prosedur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid telah mengubah semuanya, dalam hal ini khususnya diDunia Pendidikan. Pada masa pandemi ini, peserta didik atau siswa, guru dan orang tua mempunyai peranan tersendiri untuk menjalankan aktivitas Pendidikan.pandemi virus Corona di Indonesia membuat hampir semua sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Sebagai gantinya, pembelajaran dilakukan dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau remote learning. Seperti yang disampaikan.

Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan tentang sistem Pendidikan daring (dalam jaringan). Penerapan pembelajaran daring ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari penyedia layanan Pendidikan atau dari peserta didik. Karena pembelajaran secara daring atau jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi. Selain itu, peserta didik harus siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur sekolah. Pembelajaran daring pada masa pandemi ini bisa menggunakan berbagai media. Seperti : quipper school, google classroom, Duo, Zoom, WeBex dan masih banyak lagi media yang bisa digunakan untuk pembelajaran.

Bagi seorang guru, menggunakan media pembelajaran sebagai salah satu alat yang menarik dan dapat membantu mempermudah menjelaskan materi kepada para peserta didik adalah hal yang wajib. Oleh karena itu sebagai seorang guru kita harus memperluas wawasan tentang media pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Tenses Mudah dengan Jari-Jari Tangan

Berikut salah satu contoh media pembelajaran yang dapat menjadi alternative bagi guru untuk mempermudah menerangkan “Teks Prosedur”. Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan atau keterangan dalam langkah tersebut, dan bertujuan untuk menunjukkan dan menjelaskan bagaimana cara mengerjakan dan atau membuat sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

Dalam pembelajaran teks prosedur secara umum dianggap mudah. Karena di sini akan menyajikan sebuah konsep untuk mengetahui bagaimana cara mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut untuk mencapai sebuah hasil yang diinginkan. Akan tetapi ketika seorang guru hanya menjelaskan dengan cara ceramah dan peserta didik hanya mendengarkan kemungkinan besar dari peserta didik akan merasa bosan dan tidak menangkap dengan maksimal materi yang diberikan. Maka dari itu untuk Materi Procedure Text dikelas XII SMAN 1 Kesesi menerapkan metode pembelajaran untuk teks prosedur yaitu dengan metode Listen And Doing.

Baca juga:  Efektifkan Pembelajaran Pengetahuan Lingkungan dalam Pembelajaran Daring

Dalam pembelajaran materi Prosedur ini, guru akan memberikan materi terlebih dahulu tentang apa itu teks prosedur dalam Bahasa inggris melalui Quipper School dan grup WA. Setelah itu guru mengumumkan akan diadakan praktek dengan metode Listen And Doing secara Online melaui media Zoom, sehingga peserta didik harus bisa mendengarkan arahan dari guru secara langsung. Listen And Doing adalah metode dimana siswa mendengarkan arahan/ petunjuk dari guru dan langsung melakukan atau mempraktekan. Setelah itu guru memberikan pengumuman melalui WA Grup tentang jumlah anggota kelompok, tiap kelompok terdiri dari 3-4 anak, dan memerintahkan siswa untuk meniyapkan alat dan bahan apa saja yang perlu disiapkan pada masing-masing kelompok, dan praktek Listen And Doing akan diadakan untuk pertemuan selanjutnya. (tiap kelompok untuk berkumpul disalah satu rumah dari anggota kelompok tersebut).

Langkah-langkah metode Listen and Doing yaitu: Pertama, guru akan memeriksa kesiapan kelompok peserta didik dengan cara mengecek setiap kelompok dan anggotanya yang terdiri dari 3-4 peserta didik. Kedua, guru memeriksa alat dan bahan yang akan digunakan untuk mempraktekan teks prosedur pada setiap kelompok yang sudah diperintahkan pada pertemuan sebelumnya (hal ini dimaksudkan agar guru dan peserta didik dapat terlibat secara langsung dalam mempraktikkan teks prosedur dan diharapkan tingkat penguasaan materi menjadi lebih baik).

Baca juga:  Semua Madrasah Lakukan PJJ

Ketiga, peserta didik siap mendengarkan intruksi ataupun langkah- langkah untuk mengerjakan sesuatu dari guru dan peserta didik mendengarkan dan langsung mempaktikkan secara langsung. Keempat atau yang terakhir setelah peserta didik melakukan proses mengerjakan sesuatu, guru menyuruh peserta didik untuk menuliskan praktik yang sudah dilakukan dalam sebuah kertas dan dikumpulkan.dalam bentuk file beserta foto hasil produk yang telah dipraktekan.
Dengan pembelajaran ini peserta didik merasa lebih antusias dan lebih menyenangkan, hal ini dibuktikan dengan pernyataan beberapa peserta didik. (ips2/zal)

Guru SMAN 1 Kesesi, Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya