alexametrics

Menciptakan Bisnis Kecil dengan Belajar Desain Sederhana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Saat penulis bertanya apa cita-cita siswa kelas VIII H SMP Negeri 8 Salatiga pada pembelajaran bimbingan TIK, ada separo yang masih bingung dengan cita-citanya. Separohnya lagi menjawab menjadi dokter, guru, blogger, polisi, pengusaha. Kemudian saat saya menanyakan “Bagaimana dengan cita cita menjadi desainer?, beberapa siswa terkesan cuek, ada anak yang mulai menyimak dengan baik. Kemudian saya mulai bercerita tentang satu desain grafis yang bernama corel draw.

Corel draw adalah adalah sebuah program komputer editor grafik vektor yang berfungsi untuk mengolah gambar dan banyak digunakan pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi. Kelebihan design grafis corel draw ini adalah lebih user friendly, format impor dan ekspor cukup lengkap, memiliki resolusi tinggu dan ramah percetakan.

Bagi anak anak corel draw tidak asing di telinga. Tapi saat saya tanya di pelajaran kelas VIII H SMP Negeri 8 Salatiga, hanya 2 anak yang pernah memakai desain grafis tersebut. Menurut mereka menggambar di corel draw sepertinya sangatlah rumit.

Baca juga:  Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung Efektif dengan Metode Demonstrasi

Saya menunjukkan beberapa contoh benda sederhana seperti : stiker, mug, desain tas ulang tahun, foto dan kartu nama, kalender, poster. Kemudian saya bertanya kepada anak-anak apakah mereka bisa membuatnya. Sebagian kecil dari mereka menjawab bisa dan yang lain masih bingung bagaimana cara membuatnya.

Sebelum masuk ke corel draw saya mengajak anak-anak mencari gambar terlebih dahulu di Google. Pada Google di bagian image sudah menyediakan berjuta-juta gambar yang bisa kita gunakan sesuai yang kita perlukan. Kali ini tema yang akan dibuat adalah ulang tahun, maka penulis mengajak anak anak mencari background tentang ulang tahun, berupa gambar jpg (untuk background) dengan resolusi yang besar dan gambar png (gambar dengan transparasi/tidak ada backgroundnya).

Baca juga:  Fun Make a Match dalam Mempelajari Fungsi Benda

Sebagai contoh penulis akan membuat desain mug ulang tahun, mengawali membuka program grafis corel draw X7 yang penulis miliki. Penulis atur ukuran yang akan dipakai untuk mendesain mug yaitu 21 x 8,5 cm, kemudian selanjutnya saya import gambar jpg (background) yang sudah penulis cari di google, sesuaikan ukurannya kemudian tambahkan gambar png yang sudah dicari dalam hal ini gambar balon dan kue tart. Selanjutnya berikan tulisan dengan text tool. Bisa disisipkan foto orang yang ulang tahun dengan cara yang sama mengimport. Setelah diatur penempatan gambar dan tulisan, akhirnya jadilah sebuah desain mug ulang tahun sederhana yang digambar dengan corel draw X7. Langkah yang sama juga bisa kita lakukan untuk membuat stiker, foto berbingkai, desain tas ulang tahun, kartu nama, kalender, poster dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Punya 12 Kolam, Omzet Rp 70 Juta Sekali Panen

Setelah siswa melihat desain mug yang sudah penulis contohkan, mereka tertarik dan ingin mencobanya. Dan beberapa dari mereka mengatakan ternyata bisa membuat desain sederhara yang menarik melalui corel draw, tidak serumit yang mereka bayangkan. Memang banyak tools yang disediakan corel draw, tapi mereka bisa sambil belajar sambil memakainya.

Anak-anak kelas VIII H SMP Negeri 8 Salatiga sangat mungkin menciptakan bisnis kecil dengan belajar mulai dari desain sederhana di corel draw. Walau belum bisa mencetak sendiri, mereka bisa datang ke percetakan untuk membantu mereka. Jiwa entrepreneur harus terus diasah dalam pembelajaran sebagai bekal suatu hari nanti. Tetap semangat dan ciptakan peluang. (ips2/lis)

Guru Informatika SMP Negeri 8 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya