alexametrics

Penggunaan Media Powtoon bagi Pembelajaran Bahasa Inggris

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Keberadaan media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan efektifitas proses komunikasi dan mempermudah proses penyampaian ilmu pengetahuan oleh guru kepada siswa. Peran serta fungsi media pembelajaran sangat penting dalam menunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas IX C SMP Negeri 3 Kendal. Perlu suatu upaya untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan serta penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang lebih menarik dan lebih modern.

Perangkat lunak Powtoon yang merupakan suatu perangkat lunak pengolah media presentasi animasi berbasis SaaS (Software as a Service) dapat diakses secara online melalui situs www.powtoon.com. Perangkat lunak ini dapat digunakan sebagai alat bantu presentasi bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas.

Baca juga:  Metode Role Play Tingkatkan Antusiasme Siswa Belajar Bahasa Inggris

Dengan menggunakan media pembelajaran yang dirancang menggunakan perangkat lunak Powtoon secara online tersebut, kita akan mampu menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk presentasi yang lebih menarik dan modern. Media presentasi dapat dibuat dengan berbagai efek animasi kartun yang sangat unik dan menarik. Powtoon merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik di antaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah.

Hampir semua fitur dapat diakses dalam satu layar membuat “PowToon” mudah digunakan dalam proses pembuatan sebuah paparan. Paparan yang memiliki built-in karakter kartun, model animasi dan benda benda kartun lainnya. Selain itu kita juga dapat menambahkan serta menggabungkan berbagai gambar, teks, audio, video, serta berbagai data lainnya yang diperlukan dalam proses penyampaian materi pembelajaran.

Baca juga:  Terampil Berbahasa dengan “VoTe”

Sehingga dengan media pembelajaran powtoon bermanfaat dapat: (1) memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka). (2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, misalnya seperti objek yang terlalu besar, bisa diganti dengan gambar, model, film. Objek yang terlalu kecil dibantu dengan proyektor mikro, gambar, film. (3) gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography. (4) kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, foto maupun secara verbal. (5) objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain. (6) konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat divisualkan dalam bentuk film,film bingkai, gambar, dan lain-lain.

Baca juga:  Teori Konstruktivisme untuk Pembelajaran Kritis Konflik Sosial

Maka dengan adanya media pembelajaran Powtoon tersebut diharapkan kualitas proses pembelajaran bahasa Inggris akan menjadi lebih baik. Siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar dan mempelajari materi pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru sehingga capaian hasil belajar siswa pun akan menjadi lebih baik. Powtoon ini sangat cocok digunakan untuk membuat media ajar khususnya untuk para pelajar yang suka dengan suasana santai dan nonformal dalam pembelajaran di kelas. (gm1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya