alexametrics

Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Ekonomi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di saat pandemi seperti sekarang ini pembelajaran diharuskan melalui online. Guru harus bisa menyiapkan media belajar yang tepat agar kegiatan pembelajaran online berjalan dengan efektif.

Menurut Hakim (2012), setiap penggunaan media apapun dalam pembelajaran biasanya mempunyai pengaruh atau dampak terhadap hasil belajar atau prestasi siswa. Pengaruh ini berbanding lurus, artinya semakin sesuai dan menarik penggunaan sebuah media, maka akan berdampak pada bagusnya daya serap dan hasil belajar siswa. Banyak sekali dampak positif yang timbul apabila guru semakin kreatif dan inovatif mengelola pembelajaran di kelas.

Menurut Dabbagh dan Ritland (2005:15) pembelajaran online adalah sistem belajar terbuka dan tersebar dengan menggunakan perangkat pedagogi (alat bantu pendidikan), yang dimungkinkan melalui internet dan teknologi berbasis jaringan untuk memfasilitasi pembentukan proses belajar dan pengetahuan melalui aksi dan interaksi yang berarti. Media pembelajaran online dapat diartikan sebagai media yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna (user), sehingga pengguna (user) dapat mengendalikan dan mengakses apa yang menjadi kebutuhan pengguna.

Baca juga:  Penggunaan Jaringan LAN untuk Penilaian Harian Berbasis Komputer

Media pembelajaran online yang paling efektif untuk saat ini dalam pembelajaran ekonomi adalah menggunakan aplikasi google class room. Google classroom adalah suatu learning management system yang bisa digunakan untuk menyediakan bahan ajar dan tes atau tugas yang terhubung dengan penilaian.

Para pendidik atau guru dapat membuat kelas mereka masing – masing lalu membagikan kode kelas yang mereka miliki atau mereka bisa mengundang siswa mereka masing – masing. Aplikasi google classroom dibuat untuk membantu seluruh ruang lingkup pendidikan yang memberikan kemudahan para siswa untuk menemukan dan mengatasi kesulitan saat proses pembelajaran, membagikan pelajaran dan mengerjakan tugas tanpa harus datang ke kelas. Di dalam google classroom ada menu ‘classwork’ yang akan mengelompokkan file unggahan menjadi dua: file materi dan file tugas. Ketika menu ini diklik, maka kalian akan disajikan daftar materi dan daftar tugas yang ada di kelas. Uniknya daftar ini bisa terdiri beberapa file yang dikelompokkan dalam satu atau beberapa kategori. Misalnya kategori: Materi menajemen organisasi. Dalam satu kategori ini kita bisa isi dengan beberapa file materi. Sehingga tidak bercampur dengan file dari kategori yang berbeda. Hal ini memudahkan identifikasi peserta kelas untuk mengetahui ada berapa materi yang harus dikuasai pada kategori kelas yang diikuti. Sehingga ketika ada siswa susulan atau yang baru masuk dalam google classroom, siswa tersebut dengan mudah menyesuaikan dan tidak harus kehilangan materi yang sudah disampaikan oleh guru.

Baca juga:  Google Classroom sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Tetapi ada juga kekurangan google class room. Google class room hanya bisa diakses dengan akun google. Sehingga memungkinkan untuk menerima akses pengguna dari kalangan tak terbatas. Selanjutnya tidak ada tombol share untuk berbagi kegiatan kelas dengan orang lain, jika kita sedang menggunakan google classroom jangan harap bisa seenaknya share kegiatan kelas yang sedang berlangsung. Di dalam google class room juga tidak ada tombol like atau indicator yang menunjukkan jumlah audiens yang sudah membaca atau menyukai materi yang dibagikan kelas. (pkl2/ton)

Guru SMA N 1 Kutasari

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya