alexametrics

Memahami Materi Iman kepada Hari Akhir dengan E-Learning

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelaksanaan pendidikan di Indonesia dalam masa pandemi Covid-19 mengalami beberapa perubahan yang terlihat nyata. Untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19 dan kegiatan pendidikan dapat berjalan seperti biasanya maka pemerintah melakukan beberapa upaya. Salah satunya diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia yaitu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan sistem online atau sistem dalam jaringan (daring).

Sistem pembelajaran tersebut dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, melainkan dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh seperti yang diterapkan di MTs Negeri 1 Grobogan tempat penulis mengajar. Penulis memilih pembelajaran menggunakan e-learning dalam pembelajaran kelas 9 di MTs Negeri 1 Grobogan dalam memahami materi iman kepada hari akhir mata pelajaran akidah akhlak.

E-learning adalah suatu proses pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip didalam proses pembelajaran dengan teknologi (Menurut Chandrawati, 2010). E-learning memiliki banyak kelebihan yaitu lebih mudah untuk diserap, artinya menggunakan fasilitas multimedia yang berupa suatu gambar, teks, animasi, suara, dan juga video. Jauh lebih efektif didalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu juga minimum audiensi, dapat dimana saja. Jauh lebih ringkas, artinya tidak banyak mengandung formalitas kelas, langsung ke dalam suatu pokok bahasan mata pelajaran yang sesuai kebutuhan. Tersedia dalam 24 jam per hari, artinya penguasaan dalam materi tergantung pada semangat dan juga daya serap siswa, bisa dimonitor, dan bisa diuji dengan e-test.

Baca juga:  E-Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh IPA saat Pandemi Covid-19

Sebelum pembelajaran dimulai, penulis membuka alamat e-learning dulu di e-learning MTsN 1 Grobogan dan log in dengan akun, username dan password pribadi, Dan membuat kelas, dengan meng-klik kelas online kemudian memasukkan siswa-siswa ke kelas yang kita buat di e-learning. Dilanjutkan dengan pemberian materi melalui bahan ajar, supaya siswa membaca materi terlebih dahulu, Dalam bahan ajar dapat diisi dengan materi bisa berupa power point, flash, video pembelajaran atau program lainnya. Untuk menjelaskan materi kepada siswa kita dapat melakukan virtual meeting melalui video conference, disisipi dengan video pembelajaran atau media yang lain, sekaligus membuka tanya jawab dengan siswa berkaitan dengan materi iman kepada hari akhir.

Baca juga:  Bahan Alami Optimalkan Peran Guru dalam Penguasaan Konsep IPA Siswa di Masa PJJ

Untuk melihat keaktifan siswa penulis bisa melihatnya di Data Siswa Tergabung, Absensi Kelas dan Monitoring Aktifitas Siswa. Dalam e-learning juga terdapat menu Standart Kompetensi (KI/KD), Kriteria Ketentusan Minimal (KKM), Rencana Pembelajaran, Penilaian Pengetahuan (KI3), Penilaian Ketrampilan (KI4) yang penulis isi sebelum melaksanakam kegiatan daring. Di akhir materi untuk mengetahui pemahaman siswa berkaitan dengan materi iman kepada hari akhir dapat dilaksanakan Computer Based Test (CBT).

Dengan pembelajaran daring melalui model e-learning yang penulis gunakan, mengandung manfaat meningkatkan partisipasi aktif dan belajar mandiri siswa, bagi pendidik, dapat lebih meningkatkan kualitas materi melalui pelatihan dan mampu menampilkan informasi dengan perangkat teknologi. Dari hasil tugas siswa yang sudah di upload di e-learning, penulis bisa memantau dan menilai hasil pekerjaan siswa.

Baca juga:  Membentuk Siswa Berkarakter

Guru MTs Negeri 1 Grobogan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya