alexametrics

Belajar Speaking Skill Menarik melalui Vlogging di Youtube

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Speaking skill atau ketrampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa saat mempelajari bahasa Inggris. Speaking skill atau ketrampilan berbicara adalah kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif. Ketrampilan ini menuntut siswa untuk mampu mengutarakan apa yang ada didalam pikirannya tidak hanya melalui tulisan akan tetapi juga secara lisan. Permasalahan yang dihadapi penulis sebagai pengajar Bahasa Inggris saat sedang mengajarkan speaking skill adalah kepasifan peserta didik. Hampir seluruh peserta didik merasa tidak percaya diri untuk berkomunikasi atau bahkan hanya untuk mengeluarkan satu atau dua kalimat saja menggunakan bahasa Inggris.

Speaking skill atau keterampilan berbicara ini penulis ajarkan pada salah satu KD pada kelas X SMK Negeri 1 Sragi 4.12 yaitu “Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas –tugas rutin sederhana (Simple routine task) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks dunia kerja”. Simple Routine task adalah kegiatan atau pekerjaan sederhana yang dilakukan secara rutin atau regularly. Untuk mengajarkan materi ini, penulis menggunakan media vlogging untuk melatih siswa agar mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sekaligus melatih rasa percaya diri mereka.

Baca juga:  Edutainment Video/Film Inspiratif Tingkatkan Hasil Belajar IPS dan Nilai Karakter Peserta Didik

Jika kita perhatikan saat ini, Youtube dan vlog menjadi kata kunci yang begitu popular. Youtube adalah media sosial berbasis video dimana kita bisa saling berbagi informasi dengan cara mengunggah ataupun mengunduh video melalui platform mereka. Sedangkan vlog berasal dari kata “video dan “blog”. Kalau dulu kita hanya mengenal blog, sebagai sarana aplikasi web untuk menulis maka tren saat ini sudah bergeser menjadi lebih modern melalui vlog.

Menurut wikipedia, pengertian Vlogging merupakan suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video di atas penggunaan teks atau audio sebagai sumber media perangkat seperti ponsel berkamera, kamera digital yang bisa merekam video atau kamera murah yang dilengkapi dengan mikrofon merupakan modal yang mudah untuk melakukan aktivitas blog video. Penulis menggunakan vlog sebagai media pembelajaran untuk materi Simple Routine Task karena dirasa tepat untuk melatih peserta didik menguasai speaking skill.

Baca juga:  Meningkatkan Pemahaman Siswa dengan Pembelajaran Index Card Match

Langkah awal yang penulis lakukan untuk menggunakan media vlog ini adalah memastikan seluruh peserta didik yang penulis ajar, yaitu kelas X TBSM 3 untuk memiliki akun Youtube terlebih dahulu. Setelah itu penulis sampaikan kompetensi dasar dan materi Simple Routine Task melalui WhatsApp karena materi ini diajarkan saat pandemi korona, kemudian meminta peserta didik untuk menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh mereka sehari-hari selama pembelajaran jarak jauh. Proses menceritakan kegiatan sehari-hari inilah yang menjadi poin penting dalam vlogging. Penulis meminta mereka menceritakan kegiatan sehari-hari mereka sambil merekam kegiatan apa saja yang mereka lakukan, tentu tidak langsung satu hari mereka merekam kegiatan mereka, akan tetapi mereka bisa mengambil gambar per kegiatan kemudian mengeditnya dan mengunggahnya ke Youtube.
Melalui metode vlogging ini, penulis menyimpulkan bahwa peserta didik merasa lebih terpacu untuk meningkatkan speaking skill mereka melalui cara yang lebih menyenangkan, mampu mengeskspresikan diri mereka, menambah kepercayaan diri serta mampu mengikuti perkembangan tren dalam era digital. (gm1/aro)

Baca juga:  Lagu Mengatasi Persoalan Listening Siswa

Guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya