alexametrics

Belajar Sambil Bermain Strategi Jitu untuk Pendidikan Bermutu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN yang menyenangkan, menggembirakan, dan demokratis, jauh lebih menarik anak untuk terlibat dalam setiap kegiatan pembelajaran. Anak tidak hanya duduk tenang mendengarkan ceramah gurunya, tetapi bisa aktif berinteraksi dengan berbagai benda dan orang di lingkungannya, baik secara fisik maupun mental.

Bermain adalah bagian hidup yang terpenting dalam kehidupan anak. Karena bermain adalah keinginan anak secara alamiah. Mainan berpengaruh terhadap pertumbuhan anak. Kadang-kadang anak lebih mementingkan bermain daripada makan dan minum. Kesenangan dan kecintaan anak pada bermain ini dapat digunakan sebagai kesempatan untuk mempelajari hal-hal yang konkret sehingga daya cipta, imajinasi, dan kreativitas anak dapat berkembang.

Dapat disimpulkan bahwa bermain adalah cara yang paling efektif untuk mematangkan perkembangan anak pada usia pra sekolah (pre operational thinking), dan pada masa sekolah dasar (concrete operational thinking), baik di bidang akademik (kognitif), maupun pada aspek fisik dan sosial emosi. Dengan bermain, anak bisa belajar hidup dengan lingkungannya, mengembangkan jiwa sosialnya, bermain peran dengan orang lain dengan disertai perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak.

Baca juga:  Model Blended Learning dalam Pembelajaran Anekdot

Bermain adalah salah satu alat utama yang menjadi latihan untuk pertumbuhannya. Bermain adalah medium, di mana si anak mencobakan diri, bukan saja dalam fantasinya tetapi nyata secara aktif. Bila anak bermain secara bebas, sesuai kemauan maupun sesuai kecepatannya sendiri, ia melatih kemampuannya.

Banyak cara yang bisa dipilih, misalnya mengenalkan warna, bentuk-bentuk, mengenalkan anggota tubuh, menghitung mainan si kecil, menggambar dan mewarnai dengan krayon, bermain playdough, membaca buku cerita bersama, bermain balok dan puzzle, hingga menyanyi lagu anak-anak. Zaman sekarang sudah banyak anak yang fasih menggunakan teknologi, seperti handphone, tab dan komputer. Orangtua sebaiknya tak khawatir secara berlebihan mengenai dampak yang dapat terjadi, asal mereka selalu berusaha menyaring setiap aplikasi situs atau web dengan bijak, dan memberikan batas waktu bermain untuk anak-anak.

Baca juga:  Model Picture and Picture Tingkatkan Motivasi Belajar IPS

Sebagai orangtua, dapat memberikan edukasi yang menyenangkan di dalam gadget. Contohnya men-download aplikasi yang berunsur pendidikan. Ada aplikasi Youtube Kids game, yang menggunakan strategi seperti maincraft, baby bus, video lagu anak dan masih banyak aplikasi yang manfaatnya sangat baik bagi anak.
Sedangkan di lingkungan bermain, banyak yang dapat dilakukan dengan teman sebaya, seperti bermain bola yang dapat membentuk karakteristik anak yang solid dan mau bekerja sama, bermain petak umpet yang dapat meningkatkan keberanian anak dan rasa percaya diri, atau mengikuti kegiatan di lingkungan rumah.
Bermain mempunyai nilai dalam kemajuan anak. Pertama, permainan adalah alat bagi anak untuk menjelajahi dunianya, dari yang tidak la kenali sampai pada yang la ketahui dan dari yang tidak dapat diperbuatnya, sampai mampu melakukannya. Kedua, bermain memiliki berbagai arti. Pada permulaan setiap pengalam¬an bermain memiliki unsur risiko. Ada risiko bagi anak untuk belajar berjalan sendiri, naik sepeda sendiri, berenang, ataupun meloncat. Ketiga, unsur lain adalah pengulangan. Anak memperoleh kesempatan mengonsolidasikan keterampilannya yang harus diwujudkannya dalam berbagai permainan dengan berbagai nuansa yang berbeda. Sesudah pengulangan itu ber¬langsung, anak akan meningkatkan keterampilannya yang lebih kompleks. Keempat, fakta bahwa aktivitas permainan sederhana dapat menjadi kendaraan (vehicle). Kelima, melalui bermain, anak secara aman dapat menyatakan kebutuhan¬nya tanpa dihukum atau terkena teguran. Di dalam semua permainan itu ia dapat menyatakan rasa benci, takut, dan gangguan emosional. (on2/ida)

Baca juga:  Belajar Cara Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Kooperatif Tipe Jigsaw Tingkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar

Guru SDN 2 Kadilangu Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya