alexametrics

Penggunaan Metode Praktik dalam Pembelajaran TIK pada Materi SAC

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar membutuhkan mental dan keterlibatan pelajar itu sendiri. Pada saat kegiatan belajar itu aktif, peserta didik melakukan sebagian besar pekerjaan yang harus dilakukan. Mereka menggunakan otak, mempelajari gagasan, memecahkan berbagai masalah, mempraktikkan dan menetapkan apa yang mereka pelajari. Untuk dapat tercapainya tujuan materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Banyak bentuk media dan metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru seperti ceramah, diskusi, demonstrasi, tutor sebaya, praktik dan masih banyak lagi media dan metode yang ada,

Penulis sebagai guru TIK di SMP Negeri 28 Semarang akan menfokuskan pembahasan pada salah satu metode pembelajaran yang sudah banyak dikenal yaitu metode praktik. Penulis menggunakan metode praktik untuk mempraktikan pada materi cara membuat media belajar dengan menggunakan aplikasi SAC (Smart Apps Creator) di kelas IX yang dipraktikan di lab komputer.

Baca juga:  Peranan Pendidikan Karakter di dalam Pendidikan

Sebelum peserta didik mempraktikkan materi SAC, ada beberapa langkah yang harus dilakukan pada saat praktik. Pertama, guru memberikan arahan pada peserta didik untuk memilih salah satu mata pelajaran dan materinya yang akan dibuat di aplikasi SAC. Kedua, peserta didik mencari gambar dan ulasan materi di mesin pencari sesuai mata pelajaran yang dipilih. Ketiga guru memberi cara membuka aplikasi SAC, keempat peserta didik mempraktikan membuat materi belajar di aplikasi SAC.

Kelebihan dari metode praktik antara lain : Satu, peserta didik langsung dihadapan pada permasalahan nyata. Dua, ketrampilan peserta didik meningkat atau lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari dari teori yang disampaikan guru dengan melakukan praktik. Tiga, peserta didik benar-benar memahami materi apa yang disampaikan. Empat, diperolehnya perubahan perilaku ranah psikomotor dalam bentuk ketrampilan melakukan pekerjaannya sesuai dengan tuntutan profesinya kelak. Lima, meningkatkan motivasi dan gairah belajar peserta didik karena materi praktik yang dilakukan memberikan tantangan baru baginya. Enam, meningkatkan kepercayaan diri peserta didik tentang profesionalisme yang dimilikinya.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh “PBO” Model PjBL

Untuk kekurangan yang sering muncul pada saat menggunakan metode praktik sebagai berikut Pertama, memerlukan persiapan yang matang seperti perangkat dan materi yang akan praktikkan. Kedua, memerlukan guru atau pembimbing yang benar-benar terampil dalam melakukan pekerjaan yang akan dipraktikkan oleh peserta didik. Ketiga, peserta didik memerlukan waktu yang relatif lama untuk mencapai kompetensi standar yang diperlukan. Keempat, dalam praktik sering terjadi cara-cara atau hal –hal yang tidak diperkirakan muncul misalnya saat praktik Komputer listrik tiba – tiba mati, komputer hang, dan lainnya.

Dari uraian diatas maka penulis membuat kesimpulan bahwa dengan metode pembelajaran praktik peserta didik akan lebih mengaplikasikan materi yang diberikan oleh guru. Peserta didik akan mampu membuktikan hasil yang telah didapatkan setelah praktik. Peserta didik tidak bingung terhadap teori yang didapatkan dengan menjalankan praktik secara langsung. (dj1/ton)

Baca juga:  Tutor Sebaya Mudahkan Siswa Praktik di Bengkel Pemesinan

Guru Mapel BTIK SMP Negeri 28 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya