alexametrics

Pengembangan Belajar Anak Usia Dini Berbasis Dolanan Anak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, GURU perlu memiliki bekal pemahaman yang baik terhadap teori kecerdasan majemuk agar dapat menyiapkan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan minat siswa serta lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa. Pengenalan terhadap perbedaan profil kecerdasan siswa ini penting bagi seorang guru karena dengan mengenal perbedaan karakteristik siswa, guru dapat mempersiapkan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswanya dengan baik.

Pembelajaran di TK Muslimat NU Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan tugas pengasuhan dan pengembangan melayani dan membimbing seluruh potensi dan bakat anak. Salah satu metode pembelajaran di TK Muslimat NU Johorejo mengajarkan bermain berbagai bentuk permainan yang selaras dengan dunia anak-anak. Bermain merupakan kegiatan yang menunjukkan anak belajar dan mengasimilasikan sesuatu yang baru ke dalam pengetahuan atau kemampuan yang sudah dimiliki. Bermain merupakan wahana penting untuk perkembangan anak usia dini secara sehat. Bagi siswa TK belajar adalah bermain dan bermain adalah belajar. Artinya, siswa TK melaksanakan proses belajar dalam suasana bermain agar mereka tidak merasa terpaksa dan melakukannya dengan sukarela dan senang hati sehingga mereka belajar segala sesuatu yang diperlukan untuk kehidupan selanjutnya dalam konteks bermain. Melalui kegiatan bermain siswa di TK Muslimat NU Johorejo belajar memahami dunia sekelilingnya, mengekspresikan dirinya sendiri, dan berlatih keterampilan baru sehingga bermain mampu menumbuhkan perkembangan motorik, kognitif, bahasa, dan sosio-emosional.

Baca juga:  Aktifitas Fisik di Masa Pandemi Terhadap Olah Raga Pasing Atas dan Bawah pada Pembelajaran Daring

Bermain mempromosikan meta keterampilan dan kompetensi dalam pemahaman, ingatan, bahasa, komunikasi, dan representasi. Belajar merupakan proses perubahan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi secara bertahap ketika anak ikut berpartisipasi dalam kegiatan bermain. Salah satu jenis aktivitas bermain yang diterapkan di TK Muslimat NU Johorejo adalah permainan anak tradisional atau dolanan anak. Dolanan anak memiliki nilai-nilai luhur dan patut diwariskan kepada generasi penerus. Kondisi saat ini cukup memprihatinkan jika tidak segera dilakukan berbagai upaya untuk melestarikan dan tindakan pengembangannya. Hal ini terjadi karena dolanan anak sudah terkalahkan oleh berbagai jenis permainan modern yang banyak dimainkan oleh anak-anak baik di daerah perkotaan maupun di daerah perdesaan.

Baca juga:  Mudahnya Belajar Pecahan melalui Bingo Matematika

Beragam jenis dolanan anak dapat dipilih oleh guru dan diimplementasikan dalam proses pembelajaran di TK. Terdapat sekitar sembilan puluh sembilan dolanan anak yang dapat dipergunakan sebagai wahana pembelajaran TK. Dolanan anak ini dapat dipergunakan untuk memfasilitasi enam aspek pertumbuhan dan perkembangan anak TK, yaitu: kognitif, fisik-motorik, bahasa, sosial emosional, seni, dan kreativitas, serta moral dan nilai-nilai agama. Selain mudah dilaksanakan jenis dolanan anak memiliki nilai-nilai pendidikan yang bermanfaat untuk mengembangkan karakter anak.

Dolanan anak memiliki sifat dan karakteristik yang dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan anak untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran. Dolanan anak memiliki kelebihan karena mempunyai daya tarik yang tinggi bagi anak untuk memainkannya sehingga dolanan anak memiliki sifat atraktif. Selain itu, dolanan anak mengandung nilai-nilai luhur yang perlu dilestarikan dan diwariskan kepada anak-anak. Dolanan anak memiliki karakter kuat sebagai alat pendidikan, karenanya tepat dimanfaatkan sebagai wahana pembelajaran untuk mengantarkan materi yang disajikan. Dengan demikian, pembelajaran yang mempergunakan aktivitas jasmani berbasis dolanan anak merupakan kegiatan yang bersifat edukatif dan atraktif. Dengan alasan demikian, maka TK Muslimat NU Johorejo memandangkan perlu untuk menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran berbasis dolanan anak sehingga terbantuk pribadi yang berkarakter dan menghargai nilai-nilai budaya yang luhur. (ips2.1/ida)

Baca juga:  Seni untuk Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

TK Muslimat NU Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya