alexametrics

Pembelajaran Daring Materi Gerak Tumbuhan dengan Youtube

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEPERTI kita ketahui bersama bahwa saat ini sedang merebak virus yang membawa pandemi Covid-19, hal ini memaksa diterapkannya physical distancing (menjaga jarak fisik) tujuannya untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya menginstruksikan mengawali tahun ajaran 2020/2021 dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk wilayah yang belum masuk kategori hijau. Hal tersebut membuat perencanaan pembelajaran harus disesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) ada tiga cara yaitu pembelajaran daring, pembelajaran luring, dan kombinasi keduanya. Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring social. Sedangkan luring dapat diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi terhubung jaringan internet.

Baca juga:  Strategi Pengayaan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Digital

Guru sebagai penggerak perubahan harus mengikuti perkembangan teknologi. Pembelajaran elektronik atau e-learning adalah teknologi informasi dan komunikasi untuk mengaktifkan peserta didik belajar kapanpun dan dimanapun (Dahia 2012). Ada banyak aplikasi pembelajaran secara daring berbasis virtual class dan beberapa media yang dapat digunakan oleh guru seperti whatsapp group, googgleclassroom, zoommeeting, Quizzis, youtube, masing masing aplikasi atau media memiliki kelebihan dan kekurangan, dimana guru dapat memilih aplikasi mana yang sesuai dan nyaman digunakan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Pelaksanaan pembelajaran daring untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan dalam materi IPA kompetensi dasar (KD) gerak tumbuhan, penulis sebagai pengajar memilih youtube sebagai media pembelajaran daring karena dapat menampilkan visualisasi yang memadahi serta mempunyai banyak pilihan materi video untuk KD yang sama, lewat tayangan youtube peserta didik akan merasa lebih tertarik karena disamping visualisasi yang menarik dan lebih jelas tayangannya juga dapat diulang sesuai kebutuhan sehingga meningkatkan pemahaman.

Baca juga:  Belajar Konsep Reduksi - Oksidasi secara Mandiri dengan Chemondro Redoks

Dalam menggunakan media youtube ini penulis terlebih dahulu menyiapkan materi dengan mencari tayangan yang dianggap paling sesuai dengan kompetensi dasar. Lalu sebagai langkah pertama guru menjelaskan tujuan pembelajaran melalui media yang dikirim lewat WA baik dengan pesan suara, teks, atau file ppt. langkah ke dua, sebagai kegiatan inti pembelajaran daring ini yakni membagikan satu atau beberapa link youtube untuk menyeragamkan materi video yang diamati oleh peserta didik, langkah berikutnya setelah mengamati video di youtube peserta didik diminta untuk menginterpretasikan hasil pengamatannya pada LKPD (lembar kerja peserta didik) yang telah dikirim melalui googleclassroom, LKPD yang telah diisi oleh peserta didik dikirim kembali ke googleclassroom untuk mendapatkan tanggapan dari guru.

Baca juga:  Ritual Daring Tingkatkan Pemahaman Materi Daur Hidup Hewan

Pembelajaran IPA KD Gerak Tumbuhan lewat tayangan youtube berhasil diterapkan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, mereka dapat melihat contoh praktik berbagai macam gerak tumbuhan, mengenal berbagi jenis gerak tumbuhan, dan mengetahui jenis tumbuhan yang mengalami gerak tumbuhan tersebut. (dar2/zal)

Guru IPA SMPNi 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya